15 Striker Inggris Terbaik Sepanjang Sejarah

Sebagai negara pendiri asosiasi sepakbola pertama di dunia, tidak heran jika Inggris dianggap sebagai salah satu tim nasional terkuat di dunia. Negara ini sudah menghasilkan ribuan pemain kelas dunia yang meraih berbagai prestasi gemilang. Beberapa dari mereka bahkan juga berhasil meraih penghargaan individual bergengsi, misalkan sebagai Pemain Terbaik Dunia.

Berbicara tentang pemain Inggris terbaik, artikel IlmuBola kali ini akan berfokus pada para striker. Di sini, saya akan mengulas lebih dalam tentang 15 penyerang terbaik sepanjang masa yang berasal dari Inggris. Siapa sajakah mereka? Berikut daftarnya:


15. Dion Dublin


Walaupun hanya pernah memperkuat tim nasional Inggris sebanyak empat kali, Dion Dublin adalah seorang pemain yang sangat bersinar di level klub. Setelah dua tahun lebih banyak menghabiskan waktu sebagai pemain pengganti bersama Manchester United, Dublin memutuskan untuk pindah ke Coventry City. Di sana, prestasi individualnya cukup bersinar. Ia mampu mencetak 61 gol dari 145 penampilan, bahkan berhasil menjadi top skorer Premier League musim 1997-1998. Tahun  1998, Dublin pindah ke Aston Villa, di mana ia mampu meraih satu gelar Piala Intertoto tahun 2001.


14. Andy Cole


Andy Cole adalah seorang striker yang mempunyai peran besar membawa Manchester United meraih treble winners di musim 1998-1999. Duetnya bersama Dwight Yorke saat itu sangat ditakuti, membuat klubnya mampu mendominasi Liga Inggris. Prestasi Cole sebagai pemain juga cukup banyak. Ia menjadi juara Premier League musim 1992-1993 dan menjadi top skorer tahun 1993-1994. Bersama Manchester United, ia memenangi lima gelar Premier League, satu gelar Liga Champions, dan dua gelar Piala FA.


13. Dixie Dean


Dixie Dean bisa disebut sebagai pemain terbaik Everton sepanjang masa. Ia bermain untuk Everton pada periode 1925 hingga 1937, di mana ia mampu mencetak 349 gol dari 399 penampilan. Memang, Dean dikenal sebagai seorang striker yang sangat produktif dalam mencetak gol. Ia juga mencetak rekor sebagai pemain yang mampu mencetak gol terbanyak dalam satu musim kompetisi Liga Inggris, dengan catatan 61 gol. Produktivitasnya mampu mempersembahkan dua gelar Premier League untuk Everton.


12. Robbie Fowler


Robbie Fowler adalah seorang target man yang sangat efektif dalam memanfaatkan peluang. Karir terbaiknya dilalui bersama Liverpool, di mana ia mampu mencetak 120 gol dalam 236 penampilan. Fowler juga merupakan seorang penyerang yang berperan penting membawa Liverpool memenangi lima gelar di musim kompetisi 2000-2001. Setelah memasuki usia lanjut, Fowler bermain di Liga Australia dan Liga Thailand sebelum pensiun di tahun 2012.


11. Teddy Sheringham


Tak banyak striker di Inggris, bahkan di dunia yang mampu menunjukkan performa terbaiknya hingga usia di atas 40 tahun. Ya, Sheringham yang pernah menjadi striker andalan tim nasional Inggris baru pensiun di usia 42 tahun. Dalam 760 penampilan sebagai seorang pemain bola profesional, Sheringham mampu mencetak 289 gol. Salah satu gol paling berkesan yang pernah dicetak Sheringham adalah ketika partai final melawan Bayern Munich di Liga Champion 1998-1999. Gol yang dicetak di menit akhir itu berhasil menyamakan kedudukan, dan satu menit setelahnya, Sheringham kembali memberikan assist yang berbuah gol kemenangan Manchester United.


10. Kevin Keegan


Kevin Keegan adalah penyerang bertubuh kecil yang dijuluki "Mickey Mouse." Masa-masa keemasannya sebagai pemain dilalui bersama Liverpool pada periode 1971 hingga 1977, di mana Keegan mampu mencetak 68 gol dari 238 penampilan. Keegan adalah salah satu bagian generasi emas Liverpool, di mana ia membawa klub tersebut tiga kali menjuarai Liga Inggris dan dua kali menjadi runner-up dalam kurun waktu enam tahun.


9. Nat Lofthouse


Nat Lofthouse menghabiskan 14 tahun karirnya bermain untuk satu klub, Bolton Wanderers. Pemain yang aktif dari periode 1946 hingga 1960 ini total mencetak 255 gol dari 425 penampilan. Performanya bersama tim nasional Inggris juga cukup impresif, di mana Nat mencetak 30 gol dari 33 penampilan. Saat ini, Lofthouse tercatat sebagai pencetak gol terbanyak ketujuh Liga Inggris sepanjang masa. Ia juga sempat mempersembahkan gelar Piala FA untuk Bolton di tahun 1958.


8. Wayne Rooney


Dianggap sebagai salah satu second striker terbaik di dunia, Wayne Rooney adalah seorang striker Inggris yang sangat berkualitas. Mengawali karirnya di Everton, Rooney bermain sangat gemilang dalam Euro 2004. Di turnament tersebut, ia mencetak empat gol. Penampilan gemilangnya di Euro 2004 langsung membuat Rooney direkrut oleh Manchester United. Bersama The Red Devils, ia sudah memenangkan lima gelar Premier League dan satu gelar Liga Champions.


7. Ian Wright


Salah satu striker Inggris paling tajam yang pernah dimiliki oleh Arsenal. Ia bermain untuk Arsenal selama tujuh tahun, dari tahun 1991 hingga 1998. Selama karirnya bersama The Gunners, Wright mencetak 128 gol. Bersama Arsenal, prestasi terbesar Wright antara lain adalah memenangkan Liga Inggris dan Piala Winners. Ia juga keluar sebagai top skorer Divisi Satu pada musim 1991-1992. Bersama tim nasional Inggris, Wright tampil sebanyak 33 kali dan mencetak 9 gol.


6. Jimmy Greaves


Jimmy Greaves adalah seorang striker yang luar biasa. Ia tak hanya menjadi pemain legendaris bagi satu klub, namun mampu berjaya di dua klub yang berbeda. Greaves yang bermain dalam periode 1957 hingga 1980 ini adalah salah satu legenda Chelsea dan Tottenham Hotspur. Dengan 366 gol sepanjang karirnya, Greaves tercatat sebagai salah satu striker Inggris paling produktif. Tak hanya itu, ia juga mampu membawa Inggris menjadi juara Piala Dunia 1966, sebuah prestasi yang bahkan belum bisa diulang oleh striker top seperti Alan Shearer, Gary Lineker, dan Michael Owen.


5. Michael Owen


Michael Owen adalah salah satu fenomena terbaik yang pernah dimiliki Inggris. Pemain ini bersinar di usia yang sangat muda, bahkan mencetak sebuah gol ajaib dalam pertandingan Piala Dunia 1998 melawan Argentina. Owen membawa Liverpool meraih lima gelar di musim 2000-2001 dan dua kali menjadi top skorer Liga Inggris. Sayang, cedera yang berkepanjangan membuat penampilan Owen terus menurun, dan akhirnya harus pensiun di usia yang cukup muda.


4. Geoff Hurst


Nama Geoff Hurst akan terus diingat oleh masyarakat Inggris, karena ia adalah sosok yang mencetak hattrick dalam partai final Piala Dunia 1966 melawan Jerman Barat. Hattricknya mampu membawa Inggris menjadi juara, dan sampai saat ini masih menjadi satu-satunya gelar juara Inggris di ajang Piala Dunia. Di level klub, Hurst menghabiskan sebagian besar karirnya bersama West Ham United, mencetak 180 gol dalam 411 penampilan.


3. Bobby Charlton


Jika saja posisi asli Bobby Charlton adalah seorang striker, pasti kami akan menempatkannya dalam peringkat pertama daftar ini. Walaupun Hurst adalah seorang gelandang menyerang, ia sangat produktif dalam mencetak gol. Hingga saat ini, Charlton masih menjadi top skorer sepanjang masa tim nasional Inggris dengan 49 gol. Selain membawa timnas Inggris menjuarai Piala Dunia 1966, Charlton juga mempersembahkan tiga gelar Liga Inggris dan satu gelar Piala Champions untuk Manchester United.


2. Alan Shearer


Shearer adalah target man terbaik yang pernah dimiliki Inggris. Shearer sangat tangguh di kotak penalti, memiliki tendangan keras, dan merupakan eksekutor bola-bola mati yang handal. Catatan golnya sangat impresif, walaupun ia tidak pernah bermain untuk klub besar. Dengan catatan 260 gol, Shearer adalah top skorer Premier League sepanjang masa. Ia juga tiga kali menjadi top skorer Liga Inggris saat memperkuat Blackburn Rovers dan Newcastle United. 


1. Gary Lineker


Selama 16 tahun bermain sebagai pesepakbola profesional, Lineker sama sekali belum pernah menerima kartu kuning ataupun kartu merah. Tak hanya itu, ia juga merupakan seorang pencetak gol yang handal. Lineker banyak bermain di luar Inggris, menghabiskan waktu tiga tahun bersama Barcelona dan dua tahun bersama Nagoya Grampus Eight. Ia juga tiga kali menjadi top skorer Liga Inggris dengan tiga tim yang berbeda, Leicester City, Everton, dan Tottenham Hotspur.