15 Kiper Inggris Terbaik dari Masa ke Masa

Tim nasional Inggris adalah salah satu yang paling disegani di dunia. Walaupun masih minim gelar, tim nasional ini selalu diperkuat oleh pemain-pemain berkualitas kelas dunia. Mereka selalu berhasil menampilkan penampilan yang menghibur di atas lapangan hijau. Satu hal yang perlu diingat, negara ini juga telah melahirkan banyak penjaga gawang yang berprestasi.

Di artikel ini, IlmuBola akan mengajak anda untuk melihat kembali sejarah sepakbola timnas Inggris dengan menghadirkan profil lima belas penjaga gawang terbaik dari negara ini. Di antara mereka, siapakah yang menurut anda layak menyandang gelar sebagai kiper Inggris terhebat sepanjang masa?


15. Ian Walker


Selama 19 tahun karirnya sebagai pesepakbola profesional pada periode 1989-2008, Walker bermain untuk tiga klub Liga Inggris, Leicester City, Tottenham Hotspur, dan Bolton Wanderers. Penampilan penjaga gawang ini cukup stabil, walaupun terbilang biasa-biasa saja. Walker tidak pernah tampil terlalu memukau, namun juga tidak pernah membuat blunder fatal, suatu hal yang cukup sering dilakukan oleh penjaga gawang Inggris. Salah satu prestasi terbaiknya adalah ketika membawa Tottenham menjuarai Piala Liga tahun 1999.


14. Scott Carson


Scott Carson adalah satu dari sedikit kiper Inggris yang pernah berkarir di luar negeri. Ia sempat bermain di Liga Turki bersama Bursaspor dari tahun 2011 hingga 2013 sebelum kembali ke Wigan Athletic. Carson sebenarnya diproyeksikan sebagai kiper masa depan Liverpool, namun gagal mendapat tempat di tim utama setelah dipinjamkan ke berbagai klub seperti Aston Villa dan Charlton Athletic. Pemain ini juga sempat bermain untuk timnas Inggris dalam empat pertandingan internasional.


13. Peter Bonetti


Jauh sebelum era Petr Cech, Peter Bonetti adalah penjaga gawang yang menjadi andalan Chelsea. Pemain ini bermain untuk The Blues selama 18 tahun. Selama bermain, Bonetti dijuluki sebagai "The Cat" karena refleksnya yang tinggi dan gayanya yang sangat elegan. Tak hanya itu, ia juga dikenal memiliki lemparan bola yang jauhnya setara dengan tendangan gawang. Prestasi terbaiknya adalah ketika membawa Chelsea menjuarai Piala Winners tahun 1971.


12. Robert Green


Pemain ini sebenarnya dianggap sebagai salah satu kiper Inggris yang diprediksi bakal bersinar, namun ternyata Green gagal membuktikan harapan tersebut. Ia tampil sangat impresif bersama Norwich City di Championship Division, di mana ia mencatat 18 clean sheets dan hanya kebobolan 39 gol dari 46 penampilan. Green memimpin Norwich menjuarai Championship Division musim 2003-2004 sekaligus mendapat hak  promosi ke Liga Premier. Ia pun dipercaya tampil sebagai kiper utama timnas Inggris. Sayang, Green melakukan kesalahan fatal di Piala Dunia 2010, di mana ia gagal menangkap tendangan jarak jauh yang sebenarnya sangat lemah dalam sebuah pertandingan melawan Amerika Serikat. Sejak saat itu, ia sangat jarang dipercaya tampil sebagai penjaga gawang nomor satu timnas Inggris.


11. Tim Flowers


Tim Flowers adalah salah satu penjaga gawang yang cukup beruntung karena mampu membawa Blackburn Rovers menjadi juara Liga Premier Inggris di tengah dominasi Manchester United, Arsenal, dan Chelsea. Ia bergabung dengan Blackburn Rovers dari Southampton pada tahun 1993, dengan nilai transfer yang saat itu menjadi yang termahal untuk posisi kiper. Tak hanya, itu, Flowers juga sempat 11 kali memperkuat timnas Inggris di turnamen Euro 1996 dan Piala Dunia 1998.


10. Nigel Martyn


Masa-masa keemasan Martyn sebagai penjaga gawang terjadi ketika ia bermain untuk Leeds United dari tahun 1996 hingga 2003. Selama tujuh tahun berkarir di klub tersebut, Martyn dipercaya menjadi penjaga gawang nomor satu selama enam musim. Ia bahkan dianugerahi gelar sebagai penjaga gawang Leeds United terbaik sepanjang masa oleh fans klub tersebut. Di timnas Inggris, Martyn berperan sebagai kiper cadangan David Seaman dan tampil total sebanyak 23 kali untuk The Three Lions.


9. Paul Robinson


Robinson adalah sosok yang mampu menggeser Nigel Martyn sebagai kiper utama Leeds United. Permainannya kian bersinar selama memperkuat Tottenham Hotspur dari tahun 2004 hingga 2008, hingga akhirnya ia dipercaya menjadi penjaga gawang utama timnas Inggris. Sayang, ia membuat blunder yang sangat fatal ketika dalam babak penyisihan Euro 2008 ia gagal menendang umpan lemah dari Gary Neville yang mengakibatkan bola masuk ke gawangnya. Robinson juga pernah mencetak sebuah gol ajaib dari sebuah tendangan bebas di daerah kotak penaltinya sendiri.


8. Joe Hart


Sepeninggal David Seaman, Joe Hart adalah kiper Inggris yang dianggap paling berkualitas dan memiliki karisma yang hebat. Pemain ini menjadi bagian dari tim Manchester City yang menjuarai Liga Premier Inggris tahun 2011-2012. Penampilannya bersama timnas Inggris sejauh ini juga cukup impresif, di mana Hart berhasil mencatat 19 clean sheets dalam 38 pertandingan. Hart juga tiga kali berturut-turut dinobatkan sebagai kiper terbaik Premier League dari tahun 2010 hingga 2013.


7. David James


David James adalah seorang penjaga gawang yang sangat berpengalaman di Liga Inggris. Ia menghabiskan 26 tahun karirnya sebagai pemain profesional bermain untuk berbagai klub Liga Inggris, seperti Liverpool, West Ham United, Manchester City, dan Portsmouth. James juga sempat memegang rekor sebagai pemain dengan penampilan terbanyak di Liga Premier, sebelum rekor tersebut dipecahkan oleh Ryang Giggs pada tahun 2011. Sepanjang karirnya, ia tampil 53 kali untuk timnas Inggris dan mencatat 21 clean sheets.


6. Ron Springett


Ron Springett adalah kiper cadangan Gordon Banks di timnas Inggris yang memenangkan Piala Dunia 1966. Ia juga dikenal sebagai legenda Sheffield Wednesday sebagai pemain dengan jumlah penampilan terbanyak untuk klub ini. Walaupun tidak memenangi gelar apapun bersama Sheffield Wednesday, Springett cukup banyak mendapat kesempatan tampil sebagai penjaga gawang timnas Inggris. Total, ia bermain sebanyak 33 kali untuk The Three Lions dalam periode 1959-1966.


5. Chris Woods


Chris Woods adalah kiper utama timnas Inggris di awal tahun 1990-an, setelah Peter Shilton pensiun dan sebelum kemunculan David Seaman. Pemain ini tampil sebanyak 43 kali untuk The Three Lions dan mencatat 26 clean sheets. Karir terbaiknya terjadi saat bermain untuk Glasgow Rangers di tahun 1987 hingga 1991, di mana ia memenangkan empat gelar Liga Skotlandia dan empat trofi Piala Skotlandia. Ia juga merupakan kiper utama Inggris dalam Euro 1992.


4. David Seaman


Seaman adalah bagian dari generasi emas Arsenal di tahun 90-an, di bawah kepelatihan Arsene Wenger. Bersama Arsenal, Seaman memenangi tiga gelar Liga Inggris dan empat trofi Piala FA. Hingga kini, ia juga mencatat rekor sebagai kiper dengan clean sheet terbanyak di Liga Premier Inggris, dengan total 120 clean sheets. Seaman menjadi kiper utama tim Inggris dalam empat turnamen besar, Euro 96, World Cup 1998, Euro 2000, World Cup 2002, dan Euro 2004.


3. Ray Clemence


Ray Clemence adalah penjaga gawang Liverpool yang berhasil membawa klub ini menjuarai lima gelar Liga Inggris dan tiga trofi Piala Champions. Selama bermain untuk Liverpool pada periode 1967 hingga 1981, ia bermain sebanyak 470 kali. Prestasi dan kontribusinya yang luar biasa membuat Ray Clemence dianggap sebagai kiper terbaik Liverpool sepanjang masa. Clemence juga bermain sebanyak 61 kali untuk tim nasional Inggris.


2. Gordon Banks


Gordon Banks adalah penjaga gawang legendaris Inggris yang membawa tim ini menjuarai Piala Dunia 1966. Ia dinobatkan sebagai penjaga gawang terbaik dunia abad ke-20 oleh IFFHS, di bawah Lev Yashin. Tak hanya itu, Banks juga enam kali berturut-turut meraih gelar tahunan FIFA Goalkeeper of the Year pada periode 1966-1971. Salah satu penyelamatannya yang akan selalu diingat adalah ketika ia berhasil menepis keluar sundulan Pele yang sudah 99 persen diperkirakan masuk gawang.


1. Peter Shilton


Peter Shilton adalah sosok yang paling tepat diberi gelar kiper terbaik Inggris sepanjang masa. Penjaga gawang ini bermain untuk The Three Lions selama 20 tahun, dalam periode 1970-1990. Hingga saat ini, Shilton mencatat rekor sebagai kiper dengan penampilan terbanyak untuk timnas Inggris, dengan total 125 penampilan. Ia juga memiliki catatan clean sheets terbanyak, dengan total 66 clean sheets. Sepanjang karirnya, Shilton bermain untuk lebih sepuluh klub Liga Inggris yang berbeda, di antaranya Leicester City, West Ham United, Stoke City, dan Nottingham Forest.