15 Pemain Newcastle United Terbaik Sepanjang Masa

Newcastle United adalah satu dari sedikit klub yang berhasil menjuarai kompetisi Liga Inggris di tengah-tengah dominasi klub-klub besar seperti Manchester United, Arsenal, dan Chelsea. Masa-masa keemasan klub ini di Liga Premier terjadi di pertengahan tahun 1990-an, saat mereka diperkuat pemain-pemain top seperti Les Ferdinand, David Ginola, dan Alan Shearer.

Siapa sajakah pemain terbaik yang pernah memperkuat The Toon Army? Inilah topik yang akan kami bahas secara mendalam di artikel IlmuBola kali ini. Di sini, kami akan menyajikan profil lima belas pemain bintang yang mempersembahkan berbagai trofi untuk Newcastle United.

15. Craig Bellamy


Craig Bellamy adalah seorang asal Wales yang dikenal memiliki perangai kasar, berangasan, namun juga sangat enerjik saat bermain di atas lapangan. Ia memiliki daya jelajah yang tinggi, power yang kuat, dan tidak segan-segan mengejar bola hingga ke sisi pinggir lapangan. Bellamy bermain selama empat tahun untuk The Toons, mencetak 28 gol dari 93 penampilan. Prestasi terbaik yang diraihnya adalah ketika terpilih sebagai pemain muda terbaik Premier League tahun 2002.



14. Fabricio Coloccini


Coloccini adalah pemain belakang asal Argentina yang bermain untuk Newcastle United sejak tahun 2008. Ia dibeli dari klub La Liga, Deportivo La Coruna, dengan nilai transfer yang cukup tinggi. Sejak musim pertamanya, Coloccini hampir selalu menjadi pemain inti Newcastle United. Walaupun demikian, ia tak luput dari kritik. Coloccini dianggap sebagai salah satu faktor yang membuat lini belakang Newcastle sangat rapuh yang membuat klub ini terdegradasi di tahun 2009. Namun sang pemain menjawab kritik ini dengan sebuah pembuktian, dengan membawa Newcastle langsung promosi di tahun berikutnya dan kembali meraih status sebagai tim kuda hitam di Premier League.


13. Kevin Keegan


Kevin Keegan bermain selama dua tahun untuk Newcastle United, dari 1982 hingga 1984. Striker asal Inggris ini berhasil membawa The Magpies promosi ke Divisi Satu Liga Inggris setelah enam tahun absen dari kompetisi ini. Ia juga mengakhiri karirnya bersama klub ini, dengan catatan 48 gol dari 78 pertandingan. Nama Keegan makin dielu-elukan fans The Magpies ketika di musim 1992 hingga 1997 ia kembali sebagai pelatih dan berhasil mempersembahkan satu gelar Liga Inggris dan dua kali menjadi runner-up kompetisi ini.


12. Peter Beardsley


Beardsley adalah salah satu gelandang andalan timnas Inggris dari pertengahan tahun 1980-an hingga pertengahan 1990-an. Ia dikenal sebagai seorang gelandang menyerang yang juga bisa dimainkan sebagai striker. Beardsley total bermain untuk Newcastle selama delapan tahun dan mencetak 117 gol dari 321 penampilan. Sebelum kedatangan Alan Shearer, Beardsley adalah tandem utama Andy Cole di lini depan Newcastle United.


11. Jackie Milburn


Jackie Milburn adalah pencetak gol terbanyak kedua Newcastle United dengan catatan 200 gol. Pemain ini memperkuat The Toon Army dari tahun 1943 hingga 1957. Karirnya di Newcastle cukup gemilang, di mana Milburn mampu memenangkan tiga trofi Piala FA. Prestasi dan gol-golnya membuat Milburn dianggap sebagai salah satu legenda terbesar Newcastle United sepanjang masa. Setelah pensiun sebagai pesepakbola, ia bekerja sebagai jurnalis olahraga.


10. Steven Taylor


Steven Taylor adalah salah satu calon legenda Newcastle United di masa depan. Pemain belakang asal Inggris ini menunjukkan loyalitas tinggi bertahan bersama The Toon Army, walaupun sangat banyak klub besar Eropa yang ingin membelinya. Taylor adalah pemain binaan asli Youth Academy Newcastle United dan melakukan debutnya untuk klub ini di tahun 2003. Salah satu prestasi terbaiknya bersama Newcastle United adalah saat memenangi Piala Intertoto tahun 2006.


9. David Ginola


David Ginola adalah salah satu gelandang terbaik Perancis yang bermain untuk Newcastle dari tahun 1995 hingga 1997. Karirnya bersama The Toon Army memang hanya berlangsung selama dua musim, namun ia berhasil memperoleh julukan "David Copperfield" dari para fans Newcastle karena kerap menunjukkan teknik-teknik sepakbola yang ajaib. Bersama dengan Les Ferdinand, David Batty, dan Faustino Asprilla; Ginola berhasil membawa Newcastle menjadi sebuah klub yang sangat disegani di kompetisi Liga Premier.


8. Les Ferdinand


Sama seperti David Ginola, Les Ferdinand juga hanya bermain selama dua musim di Newcastle United pada periode 1995-1997. Namun dari penampilannya yang singkat, Ferdinand berhasil membuktikan ketajamannya sebagai seorang striker. Ia berhasil mencetak 41 gol dari 69 penampilan bersama Newcastle sekaligus membawa tim ini menjadi runner-up Premier League dua musim berturut-turut. Sepanjang karirnya, Ferdinan juga bermain 17 kali untuk timnas Inggris dan mencetak 5 gol.


7. Frank Hudspeth


Frank Hudspeth adalah seorang pemain belakang asal Inggris yang memperkuat Newcastle United selama 19 tahun, dari 1910 hingga 1929. Total, ia bermain sebanyak 472 pertandingan dan mencetak 37 gol untuk The Toon Army. Satu fakta yang cukup menarik, Hudspeth mencetak seluruh gol tersebut dari tendangan penalti. Selama berkarir bersama Newcastle United, Hudspeth memenangkan dua gelar Liga Inggris dan satu trofi Piala FA.


6. Billy McCracken


Billy McCracken menghabiskan seluruh 20 tahun karirnya sebagai pesepakbola profesional untuk bermain bersama Newcastle United. Ia memperkuat The Magpies dari tahun 1904 hingga 1924. McCracken adalah seorang defender asal Irlandia Utara yang merupakan salah satu pencetus paling awal konsep "offside," walaupun konsep tersebut baru bisa dijalankan beberapa puluh tahun setelah ia pensiun. Bersama Newcastle, McCracken memenangkan tiga gelar Liga Inggris.


5. Andy Cole


Andy Cole adalah striker utama Newcastle United saat tim ini menjuarai Premier League di musim 1992-1993. Ia juga menjadi top skorer Premier League musim 1993-1994 dengan total 34 gol. Prestasi tersebut terbilang cukup luar biasa, karena Cole saat itu masih berusia 23 tahun. Selama dua tahun bermain untuk The Magpies, Cole mencetak 68 gol dari 84 pertandingan. Performa gemilangnya membuat Cole dibeli Manchester United di tahun 1995 dengan nilai transfer yang saat itu menjadi rekor tertinggi di Liga Inggris.


4. Jimmy Lawrence


Jimmy Lawrence adalah penjaga gawang asal Skotlandia yang memegang rekor penampilan terbanyak sepanjang masa untuk Newcastle United. Pemain ini bermain sebanyak 496 kali selama 17 tahun memperkuat The Magpies, dari tahun 1904 hingga 1921. Jimmy Lawrence juga berperan penting dalam membawa Newcastle tiga kali memenangkan Liga Inggris dan satu trofi Piala FA.


3. Shay Given


Shay Given adalah seorang penjaga gawang karismatik yang bermain untuk Newcastle United selama 12 tahun, dari tahun 1997 hingga 2009. Selain Alan Shearer, Given dianggap sebagai pemain Newcastle yang mampu menunjukkan performa paling stabil. Posisinya sebagai penjaga gawang utama tim ini nyaris tak tergantikan selama 12 tahun. Penampilannya tetap dipuji, walaupun lini belakang Newcastle dikritik habis-habisan ketika tim ini terdegradasi dari Liga Premier di tahun 2009.


2. Hughie Gallacher


Hughie Gallacher adalah pemain dengan rasio gol tertinggi yang pernah bermain untuk Newcastle United. Striker asal Inggris ini mencetak 143 gol dari 174 penampilan. Ia memperkuat Newcastle selama lima tahun, dari 1925 hingga 1930, serta ditunjuk sebagai kapten tim ini saat ia masih berusia 23 tahun. Walaupun memiliki tubuh yang pendek (hanya sekitar 165 cm), Gallacher dikenal sebagai seorang striker yang kuat, cepat, dan memiliki tendangan yang sangat keras.


1. Alan Shearer


Alan Shearer adalah top skorer sepanjang masa Newcastle United dengan catatan total 206 gol dari 404 penampilan. Tak hanya itu, ia juga merupakan top skorer Premier League sepanjang masa dengan total 260 gol. Shearer dibeli dari Blackburn Rovers di tahun 1996 dengan nilai transfer 3,3 juta poundsterling, yang saat itu memecahkan rekor transfer termahal Liga Premier Inggris. Walaupun sangat produktif dalam mencetak gol, Shearer sama sekali tidak memenangkan trofi apapun. Meskipun demikian, Shearer selalu dianggap sebagai legenda Newcastle United oleh para fans karena kontribusinya yang luar biasa untuk klub ini.