15 Pesepakbola Afrika Terbaik Sepanjang Masa

Afrika adalah sebuah benua yang menghasilkan ribuan pemain sepakbola yang berbakat. Pemain-pemain hebat ini biasanya bermain untuk klub-klub besar Eropa dan memenangkan berbagai penghargaan bergengsi. Tak jarang, para pemain Afrika tersebut juga mampu tampil mengejutkan di turnamen internasional seperti Piala Dunia.

Pertanyaannya, siapa sajakah pemain bola Afrika yang layak dijuluki sebagai yang terbaik sepanjang masa? Untuk menjawab pertanyaan ini, mari kita baca saja artikel dari IlmuBola berikut. Di sini, kami akan membahas 15 pesepakbola yang mampu membawa nama baik benua Afrika di dunia sepakbola internasional.

15. Mustapha Hadji


Mustapha Hadji adalah seorang gelandang asal Maroko yang pernah bermain di Liga Premier Inggris untuk Coventry City dan Aston Villa. Selama 19 tahun karir profesionalnya, Hadji bermain untuk timnas Maroko sebanyak 63 kali dan mencetak 13 gol. Ia mulai mencuri perhatian publik ketika mencetak sebuah gol indah ke gawang Norwegia pada Piala Dunia 1998. Di tahun yang sama, ia juga dianugerahi gelar sebagai Pesepakbola Afrika Terbaik.


14. John Obi Mikel


John Obi Mikel adalah seorang gelandang bertahan yang sudah bergabung dengan Chelsea sejak usia yang masih muda. Hingga kini, pemain asal Nigeria ini masih menjadi salah satu pemain andalan di lini tengah The Blues. Memperkuat Chelsea sejak tahun 2006, Mikel sudah memenangkan banyak gelar, seperti satu kali juara Liga Champions, satu kali juara Premier League, dan empat kali juara Piala FA. Ia juga meraih gelar Piala Afrika bersama tim nasional Nigeria di tahun 2013.


13. Rabah Madjer


Mungkin saat ini tak banyak yang mengenal nama Rabah Madjer. Pesepakbola asal Aljazair ini bermain dari tahun 1975 hingga 1992. Karirnya yang paling cemerlang dilaluinya bersama dengan FC Porto, tempat di mana Madjer mampu memenangkan tiga gelar Liga Portugal dan satu trofi Piala Champions. Madjer juga terpilih sebagai pemain bola Aljazair terbaik di abad ke-20. Saat ini, ia bekerja sebagai salah seorang analis di stasiun TV Al Jazeera Sport.


12. Patrick Mboma


Patrick Mboma adalah senior dari Samuel Eto'o di tim nasional Kamerun. Ia dikenal sebagai striker yang tinggi besar, kuat, dan memiliki kecepatan lari yang tinggi. Mboma menghabiskan sebagian besar karirnya di Perancis dan Italia, membela berbagai klub papan tengah seperti Cagliari, Parma, PSG, dan Metz. Pemain ini dua kali membawa tim nasional Kamerun menjuarai dua gelar Piala Afrika di tahun 2000 dan 2002. Dalam total karirnya, Mboma bermain sebanyak 261 kali dan mencetak 109 gol.


11. Kalusha Bwalya

Kalusha Bwalya adalah seorang pemain legendaris tim nasional Zambia. Ia memperkuat negaranya selama 21 tahun, dari tahun 1983 hingga 2004. Wajar jika Kalusha tercatat sebagai pemain Zambia dengan jumlah penampilan terbanyak dan jumlah gol terbanyak sepanjang masa. Bersama tim nasional Zambia, ia tampil sebanyak 143 kali dan mencetak 100 gol. Bwalya dikenal sebagai seorang yang tidak mempunyai posisi dan dibiarkan bebas menjelajahi lapangan. Gaya bermainnya yang sangat unik ini membuat Bwalya kerap menimbulkan kejutan bagi tim lawan.


10. Michael Essien


Essien adalah salah satu pemain Ghana yang paling berjasa membawa timnya mencapai babak perempat final dalam Piala Dunia 2010. Selama sembilan tahun bermain untuk Chelsea, Essien juga mengalami karir yang cukup bagus. Ia membawa klubnya menjadi juara Premier League sebanyak dua kali dan memenangkan satu gelar Liga Champions di musim kompetisi 2011-2012. Essien memiliki karakter permain yang keras, di mana ia memang diposisikan sebagai gelandang jangkar yang harus merusak pola permainan tim lawan.


9. Yaya Toure


Tak hanya di negaranya, Yaya Toure bahkan dianggap sebagai salah satu pemain terbaik Manchester City. Gelandang tengah ini memiliki peran yang sangat vital dalam membawa City memenangi gelar Premier League musim 2011-2012. Toure juga tiga kali berturut-turut terpilih sebagai pemain terbaik Afrika, dari tahun 2011 hingga 2013. Salah satu kelebihan utama Toure adalah kemampuan bertahan dan menyerangnya yang sama-sama baik. Ia bisa berperan sebagai poros pertahanan dan jika diperlukan mampu membantu penyerangan dan mencetak gol.


8. Didier Drogba


Drogba adalah seorang penyerang yang sangat kuat. Pemain asal Pantai Gading ini bahkan disebut-sebut sebagai salah satu pemain asing terbaik sepanjang masa di Liga Premier Inggris. Selama delapan tahun memperkuat Chelsea, Drogba bermain sebanyak 226 kali dan menyumbangkan 100 gol, serta memenangkan berbagai gelar bergengsi. Dengan catatan 62 gol dari 98 penampilan, Drogba saat ini menjadi top skorer sepanjang masa tim nasional Pantai Gading.


7. Jay-Jay Okocha

Okocha adalah seorang gelandang asal Nigeria yang mempunyai gaya bermain yang sangat menghibur. Ia memiliki skill yang tinggi dalam menggiring dan mengolah bola. Okocha juga kerap mencetak gol-gol indah dari tendangan keras jarak jauh. Okocha adalah bagian dari tim nasional Nigeria yang memenangkan Piala Afrika tahun 1994 dan meraih medali emas Olimpiade 1995. Sepanjang karirnya, Okocha bermain sebanyak 454 kali dan mencetak 87 gol.


6. Samuel Kuffour


Samuel Kuffour adalah satu-satunya pemain belakang dalam daftar 15 pesepakbola terbaik Afrika sepanjang masa ini. Masa-masa kesuksesan Kuffour terjadi dalam kurun waktu 1993 sampai 2005 ketika ia bermain untuk Bayern Munich. Di klub tersebut, Kuffour mampu memenangkan enam gelar Bundesliga dan satu trofi Liga Champions. Kuffour juga menjadi salah satu pemain yang masuk dalam nominasi penghargaan Ballon d'Or tahun 2001.


5. Nwankwo Kanu


Nwankwo Kanu menjalani masa-masa yang gemilang ketika bergabung bersama Arsenal. Di Arsenal, striker asal Nigeria ini kerap tampil sebagai super-sub, seorang pemain cadangan yang kerap menyelamatkan timnya dari kekalahan. Sebelum bergabung dengan Arsenal, Kanu adalah striker andalan Ajax Amsterdam, di mana ia mampu memenangkan tiga gelar Eredivisie dan satu trofi Liga Champions. Kanu bermain 86 kali untuk timnas Nigeria dan mencetak 13 gol.


4. Roger Milla


Roger Milla sering dianggap sebagai salah satu second striker terbaik di dunia. Striker asal Kamerun ini tampil di dua Piala Dunia, tahun 1990 dan 1994. Dalam Piala Dunia 1990, Milla membuat kejutan dengan berhasil membawa timnya melaju ke babak kedua. Di Piala Dunia 1994, Milla mencatat rekor baru sebagai pemain tertua yang pernah mencetak gol dalam sejarah turnamen Piala Dunia, dalam usia 42 tahun. Sepanjang karirnya, Milla mencetak 405 gol dalam 712 penampilan.


3. Samuel Eto'o


Kualitas Samuel Eto'o tentu sudah tak perlu diragukan lagi. Pemain ini meraih banyak gelar bergengsi ketika bermain untuk Barcelona, dengan dukungan dari Ronaldinho serta Lionel Messi. Bersama Barcelona, Eto'o memenangkan tiga gelar La Liga dan dua trofi Liga Champions. Kehebatannya berlanjut ketika ia ditransfer ke Inter Milan, di mana Eto'o mampu memenangi satu gelar Serie A, satu gelar Liga Champions, dan satu trofi Piala Dunia Antarklub.


2. Abedi Pele



Abedi Ayew atau lebih familiar disebut dengan nama Abedi Pele adalah seorang gelandang menyerang legendaris asal Ghana. Masa-masa keemasannya sebagai seorang pesepakbola terjadi antara tahun 1988 hingga 1993 ketika bermain untuk Marseille dan Lille FC di Liga Perancis. Dalam periode tersebut, ia memenangkan tiga gelar Liga Perancis dan satu trofi Liga Champions. Sepanjang karirnya, Abedi Pele bermain sebanyak 479 kali dan mencetak 157 gol.


1. George Weah



Tak berlebihan jika gelar pesepakbola Afrika terbaik sepanjang masa dianugerahkan pada George Weah. Ini karena striker Liberia tersebut adalah satu-satunya pemain Afrika yang pernah memenangkan penghargaan Ballon d'Or. Weah memenangkan dua gelar Serie A bersama AC Milan dan satu gelar Ligue 1 bersama Paris Saint-Germain. Setelah pensiun, Weah mencoba untuk terjun ke dunia politik, bahkan pernah mencalonkan diri sebagai presiden Liberia.