15 Pemain Bola Swedia Terbaik Dalam Sejarah

Swedia adalah salah satu negara sepakbola terkuat di Eropa Utara. Banyak pemain-pemain dari negara ini yang bermain di berbagai klub besar dunia dan memenangkan puluhan penghargaan bergengsi. Walaupun tim nasional Swedia belum pernah meraih trofi tingkat internasional, negara ini tetap dipandang sebagai salah satu kekuatan sepakbola terbesar di dunia.

Kali ini, IlmuBola akan menyajikan daftar 15 pesepakbola Swedia terbaik dari masa ke masa. Daftar ini kami buat berdasarkan jumlah penampilan, jumlah gol, dan kontribusi para pemain untuk timnas Swedia. Tak hanya itu, prestasi di level klub juga kami masukkan sebagai bahan pertimbangan.


15. Kennet Andersson


Kennet Andersson adalah seorang striker yang dikenal karena kemampuannya mencetak gol melalui bola-bola atas. Duetnya bersama Giuseppe Signori di Bologna sempat menjadi salah satu duet paling produktif di Serie A. Salah satu penampilan terbaiknya bersama timnas Swedia terjadi dalam turnamen Piala Dunia 1994, di mana Andersson berhasil membawa negaranya menduduki peringkat ketiga sekaligus meraih penghargaan Bronze Shoes (top skorer ketiga dalam turnamen).


14. Marcus Allback


Marcus Allback adalah seorang striker yang memiliki kemampuan finishing yang cukup bagus. Pemain ini mencetak 30 gol dalam 74 penampilannya bersama tim nasional Swedia. Ia bermain dalam lima turnamen besar yang diikuti Swedia dari tahun 2002 hingga 2008. Ia dipasang sebagai pendamping striker utama Swedia, Henrik Larsson dan Zlatan Ibrahimovic. Sayang, Allback selalu gagal tampil cemerlang saat bermain di liga-liga top Eropa. Karirnya bersama Heerenven, Aston Villa, dan Hansa Rostock terbilang biasa-biasa saja.


13. Martin Dahlin

Martin Dahlin adalah salah satu bagian dari generasi emas Swedia di pertengahan tahun 90-an. Striker ini membawa negaranya menjadi juara ketiga Piala Dunia 1994 dan mencapai semifinal Euro 1992. Di antara dua turnamen tersebut, Dahlin dianugerahi penghargaan sebagai pemain terbaik Swedia tahun 1993. Karirnya di level klub juga cukup bersinar, di mana ia bermain untuk Borussia Mönchengladbach, mencetak 50 gol dari 106 penampilan, dan memenangkan satu trofi DFB Pokal.


12. Patrik Andersson

Credit: Flickr.com via Creative Commons
Patrik Andersson adalah seorang bek tengah yang sering mencetak gol dari tendangan penalti, dan bermain untuk timnas Swedia sebanyak 96 kali. Pemain ini juga sempat bermain untuk dua klub terbesar di Eropa, Bayern Munich dan Barcelona, walaupun lebih banyak duduk di bangku cadangan. Bersama Bayern, Andersson memenangkan dua gelar Liga Jerman dan satu trofi Liga Champions. Pemain ini juga sempat terpilih sebagai defender Swedia terbaik tahun 2001.


11. Gunnar Gren


Gunnar Gren adalah seorang penyerang yang sempat menjadi salah satu sosok yang sangat disegani oleh defender klub-klub Serie A. Bersama dua rekan senegaranya, Gunnar Nordahl dan  Nils Liedholm, Gren membentu trio penyerangan yang dikenal dengan nama Gren-No-Li. Trio ini dikenal sebagai salah satu trio penyerangan paling berbahaya dalam sejarah AC Milan. Gren juga merupakan bagian dari timnas Swedia yang mencapai babak final Piala Dunia 1958 dan meraih medali emas Olimpiade 1948.


10. Roland Nilsson


Roland Nilsson adalah pemain dengan penampilan terbanyak ketiga sepanjang sejarah tim nasional Swedia. Pemain belakang ini tampil sebanyak 116 kali dan mencetak satu gol. Sebagian besar karir Nilsson dihabiskan di Liga Inggris, di mana ia bermain untuk Sheffield Wednesday selama lima musim dan Coventry City selama tiga musim. Setelah pensiun di tahun 2006, Nilsson memutuskan untuk menjadi pelatih dan sudah melatih beberapa klub besar di Eropa Utara.


9. Olof Mellberg


Sama seperti Nilsson, Mellberg adalah seorang pemain belakang. Dalam kurun waktu dua belas tahun membela timnas Swedia, Mellberg bermain sebanyak 117 kali dan mencetak delapan gol. Ia juga beberapa kali dipercaya tampil sebagai kapten tim nasional. Selain bermain selama tujuh tahun untuk Aston Villa, Mellberg juga pernah menjajal karir di berbagai klub besar seperti Juventus dan Villareal. Salah satu prestasi individu terbesar Mellberg adalah ketika terpilih sebagai pemain terbaik Swedia tahun 2003.


8. Thomas Ravelli


Thomas Ravelli adalah seorang penjaga gawang legendaris Swedia. Hingga saat ini, Ravelli masih tercatat sebagai pemain dengan jumlah penampilan terbanyak kedua di timnas Swedia. Selama 21 tahun bermain sepakbola, Ravelli hanya pernah memperkuat klub-klub Liga Swedia, yaitu Goteborg dan Oster. Selain memenangi sembilan gelar Liga Swedia, Ravelli juga terpilih sebagai kiper terbaik dunia tahun 1994 setelah penampilan gemilangnya membawa timnas Swedia menjadi juara ketiga Piala Dunia.


7. Anders Svensson


Dengan total 143 penampilan, Svensson adalah pemain dengan jumlah penampilan terbanyak sepanjang masa di timnas Swedia. Jumlah penampilannya masih bisa terus bertambah, karena hingga saat ini Svensson masih aktif bermain. Posisi utama Svensson adalah sebagai gelandang bertahan, namun terkadang ia juga bisa dimainkan sebagai sayap kiri. Salah satu prestasi terbaiknya yang pernah diraih di level klub adalah saat membawa Southampton menjadi finalis Piala FA tahun 2003.


6. Tomas Brolin


Brolin adalah seorang gelandang menyerang asal Swedia yang memiliki potensi sangat besar. Karirnya di masa muda sangat bersinar, namun sayang, setelah memasuki pertengahan usia 20-an performanya menurun drastis. Di usianya yang masih 23 tahun, Brolin membawa Parma menjuarai Coppa Italia, Piala Winners, dan Piala UEFA. Ia juga mengantarkan timnas Swedia menjadi juara ketiga di Piala Dunia 1994. Karirnya mulai menurun ketika pindah ke Leeds United, karena terus menerus dirundung cedera. Brolin pun akhirnya harus pensiun di usia yang cukup muda, 29 tahun, karena cedera yang berkepanjangan.


5. Kurt Hamrin


Kurt Hamrin adalah legenda Fiorentina, serta menjadi striker andalan timnas Swedia di tahun 1950an dan 1960an. Hamrin sempat memegang rekor sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa Fiorentina selama berpuluh-puluh tahun, sebelum rekor ini akhirnya dipatahkan oleh Gabriel Batistuta. Memang, ia memiliki catatan rekor gol yang sangat impresif. Sepanjang karirnya, Hamrin tampil sebanyak 472 kali dan mencetak 249 gol.


4. Henrik Larsson



Henrik Larsson adalah seorang penyerang yang kemampuan mencetak golnya sangat luar biasa. Masa-masa keemasannya dilalui bersama Glasgow Celtic, di mana Larsson mampu memenangi empat gelar Liga Skotlandia dan lima kali menjadi top skorer kompetisi tersebut. Di penghujung karirnya, Larsson sempat bergabung bersama Barcelona, di mana ia memenangkan dua gelar La Liga dan satu trofi Liga Champions. Untuk timnas Swedia, Larsson mencetak 37 gol dari 106 penampilan.


3. Sven Rydell


Siapakah top skorer timnas Swedia sepanjang masa? Jawabannya bukanlah Zlatan Ibrahimovic, Henrik Larsson, atau Gunnar Nordahl. Sosok yang memegang gelar ini adalah Sven Rydell, seorang striker yang bermain dari tahun 1920 hingga 1934. Produktivitasnya sebagai seorang striker sangat tinggi, di mana ia mampu mencetak 49 gol dari 43 penampilan. Pertandingan terakhir Rydell sebagai pemain timnas Swedia juga sangat berkesan, di mana ia mampu mencetak hattrick yang membawa timnya mengalahkan timnas Finlandia dengan skor 7-1.


2. Zlatan Ibrahimovic



Ibrahimovic adalah seorang seniman di lapangan bola. Pemain ini selalu meramaikan sebuah pertandingan dengan berbagai gol dan aksi-aksi menawan. Ibrahimovic yang merupakan keturunan Bosnia mulai memperkuat tim nasional Swedia sejak tahun 2001, dan sudah mencetak 48 gol dari 96 penampilan. Ia hanya memerlukan dua gol lagi untuk melampaui rekor Sven Rydell sebagai top skorer Swedia sepanjang masa. Sepanjang karirnya Zlatan sudah memenangkan delapan gelar Guldbollen, gelar yang diberikan untuk pemain terbaik Swedia setiap tahunnya.


1. Gunnar Nordahl


Gunnar Nordahl adalah seorang striker yang menjadi legenda AC Milan. Bermain di tahun 1950an, ia memenangkan dua gelar scudetto dan lima kali menjadi top skorer Serie A. Dengan catatan 210 gol dari 257 penampilan, hingga saat ini Nordahl masih menjadi top skorer AC Milan sepanjang masa. Tak hanya di level klub, pemain ini juga sangat produktif dalam mencetak gol untuk timnas Swedia. Bermain dari tahun 1942 hingga 1948, Nordahl mampu mencetak 43 gol dari 33 penampilan, dan membawa Swedia meraih medali emas Olimpiade 1948.