15 Gelandang Inggris Terbaik di Dunia

Selain memiliki barisan penyerangan yang kuat, tim nasional Inggris yang sering dijuluki The Three Lions juga diperkuat oleh gelandang-gelandang berkualitas. Para gelandang ini memiliki peran yang sangat besar dalam membawa timnya memenangi pertandingan. Mereka tak hanya berperan sebagai pengatur serangan, namun bahkan juga sering mencetak gol-gol penting.

Siapakah gelandang Inggris terbaik sepanjang masa? Untuk menjawab pertanyaan ini, marilah kita membaca profil singkat dari lima belas pemain dalam artikel ini. Kami harap, anda bisa menentukan pemain yang paling pantas diberi gelar sebagai gelandang terbaik Inggris.

15. Paul Ince


Paul Ince adalah salah satu gelandang bertahan terbaik yang pernah bermain untuk timnas Inggris. Pemain ini menjalani karir sebagai pesepakbola profesional dari tahun 1986 hingga 2007. Selain bermain di dua klub besar Premier League, Manchester United dan Liverpool, Ince juga pernah berkarir di luar Inggris bersama Inter Milan dari tahun 1995-1997. Pemain ini juga dikenal sebagai seorang gelandang yang agresif, kuat, dan tidak segan bermain kasar.


14. Glenn Hoddle


Glenn Hoddle adalah seorang pemain yang sukses menjalani karir sebagai seorang pelatih setelah pensiun. Selama masih aktif bermain, ia dikenal sebagai seorang gelandang yang visioner, memiliki kemampuan passing yang akurat, dan merupakan seorang penendang set-piece yang handal. Bersama tim nasional Inggris, Hoddle bermain sebanyak 53 kali dan mencetak 8 gol. Prestasi terbaiknya di level klub adalah menjuarai Liga Perancis di musim 1987-1988 bersama AS Monaco.


13. Steve McManaman


McManaman adalah seorang gelandang sayap yang menghabiskan karirnya sebagai pemain profesional dengan bermain untuk tiga klub besar, Liverpool, Real Madrid, dan Manchester City. Jika tidak sedang cedera, pemain ini selalu menunjukkan permainan yang memukau. McManaman memiliki kecepatan lari yang cepat, umpan-umpan yang akurat, dan sangat sering mencetak gol. Bersama Real Madrid, Macca memenangkan dua gelar La Liga dan dua trofi Liga Champions.


12. Michael Carrick


Michael Carrick adalah gelandang bertahan yang meraih kesuksesan yang cukup gemilang sejak bergabung bersama Manchester United di tahun 2006. Ia direkrut dari Tottenham Hotspur, dan hingga saat ini masih menjadi salah satu andalan utama The Red Devils di lini tengah. Bersama Manchester United, Carrick sudah memenangkan lima gelar Premier League dan satu trofi Liga Champions. Di tim nasional Inggris, ia lebih banyak menjadi cadangan untuk Steven Gerrard, Frank Lampard, ataupun Gareth Barry.


11. David Platt


David Platt adalah seorang gelandang yang akan selalu diingat karena gol indahnya dalam pertandingan melawan Belgia di Piala Dunia 1990. Sejak mencetak gol tersebut, Platt menunjukkan penampilan yang cukup konsisten bersama tim nasional Inggris. Sepanjang karirnya, ia bermain 62 kali dan mencetak 27 gol untuk The Three Lions. Pemain ini juga bermain di tiga klub Serie A yang berbeda, Sampdoria, Bari, dan Juventus.


10. John Barnes


John Barnes adalah seorang pemain sayap yang terkenal karena kecepatannya yang tinggi. Bersama Kenny Dalglish, pemain ini mengantarkan Liverpool memenangkan banyak gelar bergengsi, di antaranya adalah dua gelar juara Liga Inggris dan dua trofi Piala FA. Barnes bermain untuk The Reds selama sepuluh tahun, dari tahun 1987 hingga 1997. Di timnas Inggris, ia bermain 79 kali dan mencetak 11 gol. Setelah pensiun, Barnes sempat menjadi pelatih timnas Jamaika dari tahun 2008 sampai 2009.


9. Bryan Robson


Bryan Robson adalah salah satu gelandang legendaris Manchester United. Pemain ini memperkuat Red Devils selama 13 tahun, dari tahun 1981 hingga 1994. Sampai saat ini, Robson juga masih memegang rekor sebagai pemain terlama yang dipercaya menjadi kapten Manchester United. Di timnas Inggris, Robson bermain sebanyak 90 kali dan mencetak 26 gol. Setelah pensiun, ia dianugerahi gelar kebangsawanan OBE dari kerajaan Inggris.


8. Alan Ball


Alan Ball dikenal sebagai pemain Everton terbaik sepanjang masa. Ia memiliki peran yang sangat penting dalam membawa Inggris menjadi juara Piala Dunia 1966. Bersama Geoff Hurst, Alan Ball menjadi bintang di partai final melawan Jerman Barat yang dimenangkan oleh Inggris dengan skor 4-2. Sepanjang karirnya, Ball bermain 72 kali dan mencetak 8 gol untuk tim nasional Inggris. Setelah pensiun, ia juga sempat menjadi pelatih untuk berbagai tim liga Inggris seperti Southampton, Manchester City, dan Portsmouth.


7. Paul Gascoigne


Paul Gascoigne adalah salah satu gelandang tengah paling kreatif yang pernah dimiliki oleh tim nasional Inggris. Tak hanya di Inggris, Gascoigne juga telah bermain untuk klub di berbagai negara, seperti Italia, Skotlandia, Cina, dan Amerika Serikat. Pemain ini menunjukkan kehebatannya di turnamen Piala Dunia 1990 dan Piala Eropa 1996, di mana ia membawa timnas Inggris mencapai babak semifinal. Sayang, Gascoigne tak berhasil mempertahankan performanya karena terlibat banyak kasus di luar lapangan, salah satunya adalah kecanduan alkohol.


6. Paul Scholes


Scholes adalah bagian dari generasi emas Manchester United yang meraih berbagai gelar di Liga Premier Inggris maupun di kompetisi Eropa. Pemain ini menghabiskan seluruh  19 tahun karir profesionalnya bermain untuk Manchester United. Loyalitasnya tidak sia-sia, karena Scholes mampu memenangkan berbagai gelar bergengsi, di antaranya adalah 11 gelar juara Liga Inggris dan dua trofi Liga Champions. Bersama timnas Inggris, Scholes bermain sebanyak 66 kali dan mencetak 14 gol.


5. Steven Gerrard


Gerrard adalah seorang gelandang serba bisa. Pemain ini memiliki posisi asli sebagai seorang gelandang tengah, namun bisa bermain sebagai seorang gelandang sayap, bek sayap, atau bahkan seorang second striker. Salah satu senjata Gerrard yang paling ditakuti lawan adalah tendangan kerasnya yang sering berbuah gol. Hingga saat ini, Gerrard sudah mencetak 21 gol dari 108 penampilan untuk timnas Inggris. Ia juga menjadi bagian generasi emas Liverpool yang berhasil memenangi Liga Champions musim 2004-2005.


4. Frank Lampard


Chelsea dan tim nasional Inggris sangat beruntung memiliki Frank Lampard, karena pemain yang satu ini tidak hanya mampu bermain sebagai seorang playmaker, namun juga menjadi mesin gol utama tim. Walaupun berposisi sebagai seorang gelandang, Lampard sangat produktif dalam mencetak gol. Hingga saat ini, ia masih memegang rekor sebagai pencetak gol terbanyak Chelsea sepanjang masa, dengan catatan total 209 gol.


3. Stanley Matthews


 Walaupun tidak memenangi banyak trofi bersama klubnya, Stanley Matthews selalu disebut-sebut sebagai seorang pemain dengan kemampuan individu terbaik sepanjang masa. Bermain sebagai seorang gelandang kanan, Matthews menunjukkan skill dribbling yang nyaris sempurna, bahkan dianggap lebih hebat dari Pele, Maradona, maupun Cruyff. Ia mampu membawa bola dengan kecepatan tinggi, melewati 3-4 pemain lawan, dan mengelabui penjaga gawang untuk mencetak gol-gol indah. Bersama timnas Inggris, Matthews bermain sebanyak 54 kali dan mencetak 11 gol.


2. David Beckham


David Beckham tidak hanya seorang pesepakbola terbaik, namun juga salah satu ikon olahraga terbesar dalam sejarah umat manusia. Pemain ini mencapai masa-masa kejayaannya ketika bermain untuk Manchester United dari tahun 1993-2003. Bersama Paul Scholes, Ryan Giggs, dan Roy Keane; Beckham membawa Manchester United menjadi klub paling sukses dalam sejarah Liga Premier Inggris. Sepanjang karirnya, Beckham mencetak 97 gol dari 523 penampilan. Sebagian besar golnya dicetak melalui eksekusi tendangan bebas yang indah.


1. Bobby Charlton


Menilik prestasi tim dan skill individu, nampaknya Bobby Charlton adalah pemain yang paling tepat menyandang gelar sebagai gelandang Inggris terbaik sepanjang masa. Gelandang menyerang ini adalah andalan tim nasional Inggris ketika mereka memenangkan Piala Dunia 1966. Tak hanya itu, hingga saat ini Charlton juga masih tercatat sebagai pencetak gol timnas Inggris sepanjang masa. Di level klub, Charlton tiga kali memenangkan gelar Liga Inggris bersama Manchester United.