15 Pemain Uruguay Terbaik Sepanjang Sejarah

Selain Argentina dan Brazil, Uruguay juga merupakan salah satu kekuatan sepakbola terbesar di Amerika Selatan. Prestasi negara ini tidak main-main, di mana mereka sudah dua kali menjuarai turnamen Piala Dunia.  Negara ini juga menjadi salah satu sumber pemain berbakat di dunia yang bermain di liga-liga top Eropa, contohnya adalah Alvaro Recoba, Luis Suarez, dan Diego Forlan.

Dalam kesempatan ini, IlmuBola akan menulis artikel tentang 15 pemain terbaik Uruguay sepanjang masa. Daftar ini dibuat berdasarkan prestasi bersama klub dan tim nasional serta kemampuan individu masing-masing pemain. Langsung saja, berikut peringkatnya:


15. Pedro Cea


Pedro Cea adalah salah satu pemain yang berperan penting dalam membawa Uruguay menjadi juara kompetisi Piala Dunia pertama yang dilangsungkan tahun 1930. Pemain ini mencetak satu gol yang membawa Uruguay mengalahkan Argentina di babak final dengan skor 4-2. Setelah sukses mempersembahkan gelar untuk negaranya sebagai seorang pesepakbola, Cea menjadi manajer timnas Uruguay di tahun 1942. Ia memenangkan satu trofi Copa America untuk Uruguay.


14. Diego Lugano


Diego Lugano adalah seorang pemain belakang yang sudah memperkuat tim nasional Uruguay sejak tahun 2003. Saat ini, ia menjabat sebagai kapten tim Uruguay. Salah satu prestasi terbesar yang pernah diraih Lugano adalah saat membawa negaranya menjadi semifinalis World Cup 2010 dan menjuarai Copa America tahun 2011. Sepanjang karirnya bersama timnas Uruguay, Lugano sudah mencetak sembilan gol dari 91 kali penampilan.


13. Sebastián Abreu


Sebastian Abreu adalah seorang striker bertubuh tinggi yang menjadi andalan timnas Uruguay pada periode 1996-2012. Sepanjang karirnya, pemain ini sudah memperkuat lebih dari 20 klub di tujuh negara yang berbeda. Striker ini dijuluki "El Loco" atau "Si Gila" karena selalu menunjukkan gaya bermain yang liar dan agresif. Sepanjang karirnya, Abreu mencetak 26 gol dalam 70 pertandingan yang dilaluinya bersama timnas Uruguay.


12. Edinson Cavani


Edinson Cavani adalah pemain Uruguay termahal sepanjang sejarah, di mana ia ditransfer dari Napoli ke AS Monaco dengan nilai transfer sekitar 64,5 juta Euro. Striker ini memang sangat efektif dan kuat di kotak penalti, membuatnya menjadi sosok target man yang sangat ideal. Salah satu prestasi terbaik Cavani adalah saat ia menjadi top skorer Liga Italia pada musim 2012-2013 dengan 29 gol. Hingga saat ini, Cavani sudah mencetak 20 gol dari 60 penampilannya bersama timnas Uruguay.


11. Alberto Spencer


Alberto Spencer adalah seorang pemain yang pernah bermain untuk dua tim nasional yang berbeda, Ekuador dan Uruguay. Pemain ini dikenal dengan julukan "Cabeza Magica" alias "Kepala Magic" karena sering mencetak gol dengan sundulan kepala. Hingga saat ini, Alberto Spencer masih memegang rekor sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa di turnamen Copa Libertadores, dengan catatan total 54 gol yang dicetaknya dalam kurun waktu 1960 hingga 1972.


10. Alvaro Recoba


Alvaro Recoba adalah seorang gelandang menyerang yang sering mencetak gol melalui berbagai tendangan bebas yang indah. Periode keemasan pemain ini terjadi saat ia bermain untuk Inter Milan dari tahun 1997 hingga 2008. Bersama Inter, Recoba memenangi dua gelar Serie A dan dua trofi Coppa Italia. Sayang, pemain ini rentan cedera sehingga jarang bisa menunjukkan penampilan terbaiknya. Bersama timnas Uruguay, Recoba mencetak 11 gol dari 69 penampilan.


9. Jose Leandro Andrade


Jose Andrade adalah seorang pemain sayap yang dijuluki "The Black Marvel." Pemain ini mampu membawa negaranya memenangkan dua medali emas Olimpiade dan dua trofi Copa America. Namun, kemenangan yang paling berkesan tentu saja adalah saat ia memenangi Piala Dunia 1930. Turnamen tersebut juga menjadi turnamen terakhir bagi Jose Andrade sebelum pensiun dari timnas Uruguay. Sepanjang karirnya, ia bermain dalam 34 pertandingan dan mencetak satu gol untuk timnas Uruguay.


8. Obdulio Varela


Obdulio Varela adalah bek tengah sekaligus kapten tim yang membawa Uruguay keluar menjadi juara Piala Dunia 1950. Kemenangan Uruguay dalam turnamen tersebut terbilang luar biasa, karena mereka mampu mengalahkan tuan rumah Brazil di partai final, di hadapan puluhan ribu pendukung tim Brazil. Varela bermain untuk Uruguay dari tahun 1939 hingga 1954. Selain gelar Piala Dunia, pemain ini juga mempersembahkan satu trofi Copa America di tahun 1942 untuk negaranya.


7. Óscar Míguez


Oscar Miguez adalah striker yang bermain di dua kompetisi Piala Dunia, tahun 1950 dan 1954. Pemain ini masih memegang rekor sebagai pencetak gol terbanyak timnas Uruguay di turnamen Piala Dunia, dengan total delapan gol. Salah satu penampilannya yang paling diingat adalah ketika mencetak hattrick untuk membawa Uruguay mengalahkan Bolivia 8-0 di penyisihan grup Piala Dunia 1950. Di turnamen itu pula ia membawa Uruguay menjadi juara dunia.


6. Héctor Scarone


Hector Scarone adalah salah satu striker paling tajam dan paling berprestasi yang pernah dimiliki oleh tim nasional Uruguay. Pemain ini memenangkan dua medali emas Olimpiade, empat trofi Copa America, dan satu trofi Piala Dunia 1930. Karirnya di level klub juga cukup impresif, di mana Scarone memenangi delapan gelar Liga Uruguay. Sepanjang karirnya dari tahun 1917 hingga 1932, Scarone mencetak 31 gol dari 52 penampilannya bersama timnas Uruguay.


5. José Nasazzi


Jose Nasazzi dikenal sebagai salah satu bek sayap terbaik di dunia. Berposisi sebagai bek kanan, Nasazzi adalah kapten tim yang membawa skuad Uruguay memenangi Piala Dunia 1930. Ia dikenal memiliki gaya bermain yang keras dan lugas serta sangat ditakuti oleh striker lawan. Selain satu trofi Piala Dunia, Nasazzi juga memenangkan dua medali emas Olimpiade dan empat trofi Copa America. Sepanjang karirnya dari tahun 1923 hingga 1937, Nasazzi bermain 41 kali untuk timnas Uruguay.


4. Juan Alberto Schiaffino


Schiaffino adalah salah satu pemain Uruguay yang paling sukses berkarir di luar negeri. Setelah sukses membawa negaranya menjadi juara Piala Dunia 1950, Schiaffino hijrah ke AC Milan dan bermain bersama klub tersebut selama enam tahun. Karirnya di AC Milan sangat sukses, di mana ia memenangkan tiga gelar Serie A. Karena ia menunjukkan penampilan yang memikat, Schiaffino akhirnya diminta untuk pindah kewarganegaraan dan bermain untuk tim nasional Italia dari tahun 1954 hingga 1958.


3. Luis Suarez


Luis Suarez adalah seorang penyerang yang sangat berbakat namun tidak segan-segan untuk bermain kotor dan curang. Sosoknya sempat dianggap sangat mirip dengan Diego Maradona, terutama saat ia dengan sengaja menyentuh bola dengan tangan untuk mencegah gol ke gawang timnas Uruguay di Piala Dunia 2010. Saat ini, Suarez menjadi top skorer timnas Uruguay dengan 39 gol, dan jumlah ini masih bisa terus bertambah mengingat usia Suarez yang masih sangat muda. Salah satu prestasi terbaik pemain ini adalah menjuarai Copa America tahun 2011.


2. Enzo Francescoli



Enzo Francescoli adalah seorang playmaker yang gaya permainannya mampu menginspirasi Zinedine Zidane, salah satu pesepakbola terbaik sepanjang masa. Francescoli bermain dari tahun 1980 hingga 1997 dan sepanjang karirnya tersebut ia mampu membawa timnas Uruguay menjuarai tiga trofi Copa America. Di level klub, Francescoli juga sukses bermain bersama River Plate dan Marseille, di mana ia memenangkan lima gelar Liga Argentina dan satu gelar Liga Perancis.


1. Diego Forlan



Berbicara soal skill individu, Diego Forlan adalah salah satu yang terbaik. Setelah karirnya sempat meredup karena lebih banyak dibangku cadangkan di Manchester United dari tahun 2001 hingga 2004, Forlan kembali bangkit dan menunjukkan kelasnya. Setelah periode kelam tersebut, Forlan mampu dua kali menjadi top skorer Liga Spanyol dan membawa timnas Uruguay masuk babak semifinal Piala Dunia 2010. Di turnamen tersebut, ia juga memperoleh gelar Golden Ball. Hingga kini, Forlan sudah bermain 107  kali dan mencetak 36 gol untuk timnas Uruguay.