15 Pemain Turki Terbaik Dalam Sejarah

Turki adalah salah satu negara yang dikenal sebagai kuda hitam di dunia sepakbola. Negara ini meraih prestasi gemilang dengan menduduki peringkat ketiga dalam Piala Dunia 2002 dan Piala Eropa 2008. Tak hanya itu, klub-klub Turki seperti Galatasaray, Besiktas, dan Fernebahce juga sering membuat kejutan di kompetisi Eropa.

Dalam artikel ini, IlmuBola akan memberikan ranking 15 pesepakbola Turki terbaik sepanjang masa. Seperti yang kita tahu, negara ini telah melahirkan banyak pemain berbakat yang pernah bermain di berbagai klub besar Eropa, seperti Hakan Sukur, Hamit Altintop, Arda Turan, Rustu Recber, dan masih banyak lagi. Pertanyaannya, siapakah yang terbaik di antara mereka?

15. Halil Altıntop


Halil Altintop adalah striker yang menghabiskan sebagian besar karirnya bermain di Liga Jerman. Ia adalah saudara kembar dari Hamit Altintop, dan keduanya sempat bermain dalam satu klub di Schalke 04. Prestasi individual terbaik Halil adalah menjadi top skorer ketiga Bundesliga pada musim 2005-06. Selain bermain sebagai striker, ia juga bisa diposisikan sebagai seorang winger atau gelandang sayap. Halil Altintop mengawali debutnya di timnas Turki pada tahun 2004.


14. Tugay Kerimoğlu


Tugay Kerimlogu memegang rekor sebagai kapten Galatasaray termuda sepanjang sejarah. Saat berusia 22 tahun, ia sudah dipercaya untuk memimpin rekan-rekannya. Bermain sebagai gelandang tengah, Tugay menghabiskan dua belas tahun di Galatasaray sebelum pindah ke Glasgow Rangers. Dua tahun bermain di Glasgow, ia kemudian pindah ke Blackburn Rovers, bermain di klub tersebut selama delapan tahun, dan pensiun pada tahun 2009. Sepanjang karirnya, Tugay memenangkan enam gelar Super Lig Turki, satu gelar Liga Skotlandia, satu Piala Liga Inggris, dan terpilih sebagai pemain terbaik Blackburn musim 2003-04.


13. Alpay Özalan


Alpay Ozalan adalah pemain yang berperan besar membawa Turki menduduki peringkat ketiga dalam Piala Dunia 2002. Tak hanya itu, Ozalan yang berposisi sebagai bek tengah juga masuk ke dalam tim All-Star turnamen tersebut. Setelah delapan tahun bermain di Liga Turki, Alpay akhirnya pindah ke Aston Villa pada tahun 2000. Ia bermain di klub tersebut selama lima tahun, dan setelah itu pindah ke Incheon United dan Urawa Reds sebelum pensiun di FC Koln pada tahun 2007.


12. Fatih Terim


Sebelum dikenal sebagai salah satu pelatih terbaik dunia, Fatih Terim dulunya adalah seorang pesepakbola handal. Berposisi sebagai sweeper, Fatih Terim sering dijuluki sebagai Franz Beckenbauer-nya Turki. Ia memiliki kemampuan taktikal yang baik, cerdas, dan sangat bagus dalam memotong serangan lawan. Fatih Terim bermain untuk timnas Turki dalam periode 1975-1985, bermain 51 kali dan 35 kali di antaranya sebagai kapten tim. Setelah pensiun, ia melatih beberapa klub besar seperti Galatasaray, Fiorentina, dan AC Milan.


11. Okan Buruk


Okan Buruk merupakan salah satu pemain terbaik Galatasaray sepanjang masa. Ia dikenal sebagai gelandang serba bisa yang memiliki tendangan jarak jauh yang bagus, passing akurat, dan determinasi tinggi. Bersama Galatasaray, ia memenangkan tujuh gelar Liga Turki, satu trofi Piala UEFA, dan satu trofi Piala Super UEFA. Buruk juga terpilih sebagai man of the match dalam final Piala Super UEFA yang dimenangkan oleh Galatasaray pada tahun 2000. Ia sempat bermain untuk Inter Milan selama tiga tahun sebelum pensiun pada tahun 2010 di Istanbul B.B.


10. Nuri Şahin


Nuri Sahin adalah sebuah fenomena di persepakbolaan Turki. Ia memulai debut profesionalnya di Borussia Dortmund pada usia 16 tahun, membuatnya mencatat rekor sebagai pemain termuda yang pernah tampil di kompetisi Bundesliga. Berposisi sebagai gelandang tengah, Sahin menunjukkan performa yang menawan di Dortmund walaupun belum secara reguler masuk dalam skuad inti. Ia akhirnya pindah ke Real Madrid pada tahun 2014 dan sedang menjalani periode sebagai "loanee," dipinjamkan ke berbagai klub hingga dianggap cukup matang untuk masuk ke dalam tim inti Real Madrid.


9. Tanju Çolak

Tanju Colak adalah satu-satunya pemain Turki dalam sejarah yang pernah memenangkan penghargaan European Golden Boot. Penghargaan tersebut diberikan untuk top skorer terbanyak satu musim di seluruh Liga Eropa. Colak mencatat prestasi ini pada tahun 1988, ketika ia berhasil mencetak 39 gol dalam satu musim bersama Galatasaray. Sepanjang karirnya, Colak lima kali menjadi top skorer Liga Turki. Ia bermain untuk negaranya dalam 31 pertandingan dan mencetak 9 gol.


8. Hamit Altıntop


Hamit Altintop adalah gelandang serba bisa yang bisa bermain di berbagai posisi. Posisi naturalnya adalah sebagai gelandang tengah, namun ia juga bisa bermain sebagai gelandang sayap, wingback, gelandang bertahan, atau gelandang menyerang. Setelah menjalani periode karir yang gemilang bersama Schalke, Altintop pindah ke Bayern Munich di tahun 2007. Di klub ini, ia memenangkan dua gelar Bundesliga dan dua trofi DFB-Pokal. Hamit pindah dari Munich ke Real Madrid pada tahun 2011, namun hanya bertahan satu musim sebelum pindah ke Galatasaray pada tahun 2012.


7. Tuncay Sanli


Dengan total 22 gol, Tuncay Sanli adalah top skorer kedua timnas Turki sepanjang masa. Ia adalah seorang striker yang bisa diposisikan sebagai winger atau gelandang menyerang. Setelah menjalani karir yang gemilang bersama Fernebahce dalam periode 2002-2007, Sanli pindah ke Middlesbrough. Ia menunjukkan performa yang cukup bagus di klub tersebut, menjadi top skorer Middlesbrough musim 2008-09. Ia mengakhiri karirnya sebagai pesepakbola profesional di Bursaspor.


6. Nihat Kahveci

Berposisi sebagai penyerang, Nihat Kahveci bermain untuk tiga klub di sepanjang karirnya: Besiktas, Real Sociedad, dan Villareal. Ia dikenal sebagai striker yang cepat, lincah dan cerdik. Selama karirnya, Kahveci dua kali menjadi runner-up La Liga. Ia juga masuk dalam skuad Turki dalam Piala Dunia 2002, Piala Konfederasi 2003, dan Euro 2008; di mana ia selalu bisa membawa negaranya melaju hingga babak semifinal. Sepanjang karirnya, Kahveci bermain untuk timnas Turki dalam 69 pertandingan dan mencetak 19 gol.


5. Lefter Küçükandonyadis


Küçükandonyadis adalah striker legendaris Fernebahce dan timnas Turki yang bermain dalam periode 1941-1964. Selama 15 tahun bergabung dengan Fernebahce, Küçükandonyadis mencetak 423 gol dalam 615 pertandingan. Ia juga mempersembahkan tiga gelar Liga Turki untuk klub tersebut. Total, Küçükandonyadis bermain dalam 50 pertandingan untuk timnas Turki dan mencetak 22 gol. Penampilan terbaiknya terjadi dalam  Piala Dunia 1954, di mana ia mencetak dua gol dalam turnamen tersebut.


4. Hasan Sas


Bersama Alpay Ozalan, Hasan Sas adalah pemain Turki yang masuk dalam tim All-Star Piala Dunia 2002. Ia menunjukkan permainan menawan selama turnamen tersebut dan berhasil membantu negaranya memenangkan peringkat ketiga. Berposisi sebagai winger, Hasan Sas memiliki kecepatan dan kemampuan dribbling yang sangat bagus. Di level klub, ia memenangkan lima gelar Super Lig Turki, satu trofi Piala UEFA, dan satu Piala Super UEFA; semua dimenangkan bersama Galatasaray. 


3. Rustu Recber


Gelar kiper terbaik Turki sepanjang masa tampaknya hanya pantas diberikan untuk Rustu Recber. Hingga saat ini, Recber memegang rekor sebagai pemain dengan jumlah caps terbanyak untuk timnas Turki, dengan catatan 120 penampilan. Di level klub, Recber sukses berkarir bersama Fernebahce, Barcelona, dan Besiktas. Ia juga terpilih sebagai kiper terbaik UEFA tahun 2002. Sepanjang karirnya, Recber memenangkan lima gelar Super Lig Turki.


2. Arda Turan


Arda Turan adalah gelandang kreatif yang meraih berbagai prestasi bersama Atletico Madrid. Bermain sebagai gelandang kiri, Turan memiliki kontrol bola, dribbling, dan kreativitas yang luar biasa. Ia dibeli oleh Atletico Madrid dari Galatasaray pada tahun 2011, dan sejauh ini sudah mempersembahkan satu trofi Copa Del Rey, satu trofi UEFA Cup, dan satu trofi UEFA Super Cup untuk klub tersebut. Ia juga tiga tahun berturut-turut terpilih sebagai pemain terbaik Super Lig Turki dan dinobatkan sebagai "IFFHS most popular European footballer of 2009."


1. Hakan Sukur


Melihat prestasinya di level timnas, klub, maupun individual, tampaknya tak berlebihan menobatkan Hakan Sukur sebagai pemain terbaik Turki sepanjang masa. Ia adalah top skorer sepanjang masa timnas Turki dengan total 51 gol. Tak hanya itu, Sukur juga merupakan top skorer sepanjang masa Liga Turki dengan catatan 249 gol. Sepanjang karirnya, Sukur memenangkan delapan gelar Super Lig Turki bersama Galatasaray dan satu trofi Coppa Italia bersama Parma. Ia juga membantu negaranya menduduki peringkat ketiga dalam Piala Dunia 2002.