15 Pemain Borussia Dortmund Terbaik Sepanjang Masa

Bundesliga tidak hanya didominasi oleh Bayern Munich saja. Dalam kompetisi ini, ada pula beberapa klub yang memiliki kualitas tingkat dunia, salah satunya adalah Borussia Dortmund. Memang, dari segi gelar Dortmund masih belum bisa menyaingi Munich. Namun klub ini sudah beberapa kali meraih trofi bergengsi, salah satunya adalah trofi Liga Champions yang mereka menangkan di pertengahan tahun 90-an.

Dalam artikel IlmuBola kali ini, kami akan membahas para pemain terbaik Borussia Dortmund sepanjang masa. Tak hanya berasal dari Jerman, ada pula beberapa pemain asing yang berperan besar dalam mengharumkan nama Dortmund di dunia sepakbola. Langsung saja, berikut daftarnya:


15. Jan Koller


Jan Koller adalah seorang striker bertubuh tinggi besar yang bermain untuk Dortmund pada periode 2001-2006. Ia berperan besar dalam membawa klub ini menjadi juara Bundesliga di musim 2001-02. Jan Koller yang memiliki tinggi lebih dari dua meter ini menjadi andalan Dortmund dalam mencetak gol, terutama melalui bola-bola atas. Tak hanya itu, Koller juga beberapa kali dimainkan sebagai seorang penjaga gawang menggantikan kiper utama yang cedera atau dikartu merah.


14. Heiko Herrlich


Striker asal Jerman ini bermain untuk Dortmund selama sembilan tahun, dari 1995 hingga 2004. Herrlich dikenal sebagai seorang striker yang efektif dalam mengubah peluang menjadi gol. Ia mempersembahkan dua gelar Bundesliga dan satu trofi Liga Champions untuk Dortmund. Sepanjang karirnya, Herrlich mencetak 42 gol dari 128 penampilan bersama Dortmund. Sempat didiagnosa menderita tumor otak di tahun 2000, pemain ini ternyata berhasil sembuh dan tetap bermain untuk Dortmund sebelum pensiun pada tahun 2004.


13. Lothar Emmerich


Emmerich adalah satu-satunya pemain Borussia Dortmund yang pernah menjadi top skorer Liga Jerman. Tak hanya sekali, pemain ini bahkan berhasil dua kali berturut-turut menjadi top skorer Bundesliga pada tahun 1966 dan 1967. Selama memperkuat Dortmund selama sembilan tahun, ia mencetak 146 gol dari 248 penampilan. Emmerich juga memenangkan satu trofi Piala Winners' dan satu gelar Bundesliga. Pemain ini termasuk dalam skuad Jerman Barat yang menjadi runner-up di Piala Dunia 1966.


12. Tomáš Rosický


Sebelum bergabung bersama Arsenal, Rosicky adalah seorang playmaker utama Borussia Dortmund. Ia bermain untuk klub ini pada periode 2001-2006. Gelandang Republik Ceko ini dikenal sebagai seorang playmaker yang sangat kreatif dan memiliki umpan-umpan akurat. Ia bahkan dijuluki dengan nama "the little Mozart" karena kemampuannya dalam memimpin rekan-rekannya di lini tengah bagaikan seorang pemimpin orkestra.


11. Christoph Metzelder


Borussia Dortmund telah menghasilkan banyak bek tangguh, salah satunya adalah Christoph Metzelder. Metzelder bisa disebut sebagai bek tengah tersukses dari Jerman di dekade pertama abad ke-21. Ia bermain untuk Dortmund dari tahun 2000 hingga 2007, memenangkan satu gelar Bundesliga untuk Dortmund. Tak hanya itu, Metzelder juga sukses membawa timnas Jerman menjadi runner-up dalam Piala Dunia 2006 dan Euro 2008. 


10. Robert Lewandowski


Robert Lewandowski adalah seorang striker asal Polandia yang hingga saat ini masih bermain untuk Dortmund. Lewandowski dibeli Dortmund dari sebuah klub kecil Polandia pada tahun 2010. Ia mendapatkan kesempatan tampil di tim utama pada tahun 2011, dan kesempatan itu ia manfaatkan dengan sangat baik. Sejak 2011 hingga sekarang, Lewandowski selalu menjadi top skorer Dortmund. Penampilan terbaiknya adalah ketika mencetak empat gol dalam pertandingan semifinal Liga Champions melawan Real Madrid di tahun 2013. Tak hanya itu, Lewandoski juga membawa Dortmund memenangkan dua gelar Bundesliga dan satu trofi DFB Pokal.


9. Jürgen Kohler


Kohler adalah pemain belakang andalan timnas Jerman di tahun 1980-an hingga pertengahan 1990-an. Pemain ini sukses membawa Jerman Barat menjuarai Piala Dunia 1990. Ia dikenal sebagai seorang bek tengah yang sangat tangguh, membuat striker sekelas Maradona dan van Basten tidak berkutik dalam penjagaannya. Kohler bermain untuk Dortmund selama tujuh tahun, memimpin tim ini memenangkan dua gelar Bundesliga dan satu trofi Liga Champions.


8. Stéphane Chapuisat


Hingga saat ini, Chapuisat adalah sosok yang dianggap sebagai pesepakbola Swiss terbaik sepanjang masa. Karir keemasan Chapuisat terjadi saat ia bermain untuk Dortmund dari tahun 1991 hingga 1999. Selama delapan tahun memperkuat Dortmund, Chapuisat memenangkan dua gelar Bundesliga, dua trofi DFB Pokal, dan satu trofi Liga Champions. Ia bermain sebanyak 103 kali untuk timnas Swiss dan mencetak 21 gol. Pemain ini mengakhiri karirnya pada tahun 2006 bersama klub Liga Swiss, Lausanne.


7. Christian Wörns


Worns adalah salah satu bek andalan timnas Jerman di periode tahun 1990-an. Ia berposisi sebagai seorang center back, terkadang bisa pula dimainkan sebagai seorang sweeper. Worns dibeli dari Paris Saint-Germain pada tahun 1999, dan bermain untuk Dortmund selama sembilan tahun sebelum akhirnya pensiun pada tahun 2008. Penampilan solidnya di lini belakang Dortmund berperan besar dalam membawa klub ini menjadi juara Bundesliga pada musim 2001-02.


6. Roman Weidenfeller


Roman Weidenfeller adalah sosok yang dipercaya menjadi penjaga gawang nomor satu Dortmund sejak tahun 2003, menggantikan posisi Jens Lehmann yang pindah ke Arsenal. Sejauh ini, Weidenfeller sudah tampil dalam lebih 300 pertandingan resmi Borussia Dortmund. Selama bermain di klub ini, Weidenfeller memenangkan dua gelar liga dan satu trofi DFB Pokal. Tak hanya dikenal tangguh dalam menjaga gawangnya, Weidenfeller juga memiliki leadership skill yang sangat bagus sehingga dipercaya menjadi wakil kapten Dortmund.


5. Michael Zorc


Dengan total 561 penampilan, Michael Zorc memegang rekor sebagai pemain dengan jumlah penampilan terbanyak untuk Borussia Dortmund. Gelandang Jerman ini bermain untuk Dortmund selama 17 tahun, dari tahun 1981 hingga 1998. Ia dikenal sebagai seorang pemain yang sering mencetak gol melalui tendangan penalti, dan dengan total 151 gol, Zorc tercatat sebagai top skorer kedua Borussia Dortmund sepanjang masa. Selain memenangkan dua gelar Liga Jerman, Zorc juga menjuarai Liga Champions musim 1996-97.


4. Alfred Preissler


Alfred Preissler adalah striker asal Jerman yang menjadi top skorer Borussia Dortmund sepanjang masa, dengan total 174 gol. Ia bermain untuk Dortmund selama 11 musim dan membawa klub ini menjadi juara Liga Jerman dua tahun berturut-turut pada tahun 1956 dan 1957. Selama masa keemasannya, Preissler dikenal sebagai seorang striker yang cepat, tangguh, dan sangat efektif. Sayang, ia sangat jarang mendapat kesempatan tampil untuk tim nasional Jerman Barat.


3. Andreas Möller


Andreas Moller sering dianggap sebagai "Roberto Baggio-nya Jerman." Ia adalah seorang playmaker dengan kreativitas tinggi dan sangat produktif dalam mencetak gol. Selama enam tahun bermain untuk Dortmund, Moller memenangkan dua gelar Bundesliga dan satu trofi Liga Champions. Ia juga menjadi gelandang andalan timnas Jerman, total tampil sebanyak 85 kali untuk negaranya, mencetak 29 gol, dan membawa Jerman menjuarai Piala Dunia 1990 dan Euro 1996.


2. Matthias Sammer


Matthias Sammer adalah salah satu pemain terbaik Bundesliga sepanjang masa. Pemain ini juga menjadi satu-satunya pemain Dortmund yang pernah memenangkan penghargaan Ballon d'Or. Sammer meraih penghargaan tersebut di tahun 1996, musim di mana ia membawa Dortmund menjadi juara Bundesliga dan memimpin timnas Jerman menjuarai Euro 1996. Sepanjang karirnya, Sammer dikenal sebagai seorang libero yang tangguh, kuat, dan cukup produktif dalam mencetak gol.


1. Stefan Reuter


Meninjau performa, prestasi, dan loyalitas; tampaknya Reuter adalah sosok yang paling tepat dinobatkan sebagai pemain terbaik Dortmund sepanjang masa. Bek tengah asal Jerman ini bermain untuk Dortmund pada periode 1992-2004. Sepanjang karirnya, ia memenangkan lima gelar Bundesliga, dua sebagai pemain Bayern Munich, dan tiga sebagai pemain Dortmund. Reuter juga memiliki peran vital dalam membawa Jerman menjuarai Piala Dunia 1990 dan Piala Eropa 1996. Reuter dikenal sebagai salah satu bek tengah tercepat di dunia, di mana ia mampu menempuh jarak 100 meter hanya dalam waktu 11 detik.