15 Pesepakbola Norwegia Terbaik Sepanjang Masa

Dibandingkan Swedia atau Denmark yang sama-sama berlokasi di Eropa Utara, prestasi timnas Norwegia di dunia sepakbola memang tidak terlalu hebat. Negara ini baru tiga kali lolos turnamen Piala Dunia dan satu kali lolos turnamen Piala Eropa. Walaupun demikian, Norwegia tetap memiliki kontribusi besar di dunia sepakbola, terutama dalam melahirkan pemain-pemain bola berkualitas.

Dalam artikel kali ini, IlmuBola menyajikan daftar 15 pesepakbola Norwegia terbaik sepanjang masa. Nama-nama dalam daftar ini tak hanya memiliki catatan rekor yang bagus di timnas, namun juga memenangkan banyak prestasi bergengsi di level klub. Langsung saja, berikut daftarnya:


15. Morten Gamst Pedersen


Morten Gamst Pedersen adalah seorang gelandang sayap yang sudah bermain untuk timnas Norwegia sejak tahun 2004. Pemain ini mulai mencuri perhatian publik sejak bermain untuk Blackburn Rovers di tahun 2004. Saat itu, Pedersen dibeli untuk mengisi posisi Damien Duff yang pindah ke Chelsea. Karirnya di Blackburn dari tahun 2004 hingga 2013 terbilang cukup cemerlang, di mana Pedersen berhasil mencetak 35 gol dari 288 pertandingan.


14. Øyvind Leonhardsen


Oyvind Leonhardsen menghabiskan sebagian besar karirnya bermain untuk klub-klub di Liga Inggris. Pindah dari Rosenborg ke Wimbledon pada tahun 1994, Leondhardsen juga pernah bergabung bersama Liverpool, Tottenham Hotspur, dan Aston Villa. Sepanjang karirnya, Leonhardsen dikenal sebagai seorang gelandang yang cepat, cerdas, dan tangkas. Salah satu prestasi individual terbaiknya adalah terpilih sebagai pemain terbaik Norwegia tahun 1994.


13. Erik Thorstvedt

Erik Thorstvedt adalah sosok yang dianggap sebagai penjaga gawang Norwegia terbaik sepanjang masa. Pemain ini bermain untuk timnas Norwegia dalam periode 1982-1996. Dalam kurun waktu empat belas tahun, posisinya sebagai kiper utama tim nyaris tidak tergantikan. Tak hanya itu, ia juga dipercaya menjadi kiper nomor satu di Tottenham Hotspur selama sembilan tahun. Di Tottenham Hotspur, Thorstvedt berhasil memenangkan satu trofi Piala FA di tahun 1991.


12. Stig Inge Bjørnebye


Stig Inge Bjornebye adalah seorang bek kiri yang dikenal karena performa gemilangnya bersama Liverpool dan Blackburn Rovers dalam periode 1992-2003. Ia menjadi bek kiri pilihan pertama di Liverpool dari tahun 1994 hingga 1999, sebelum posisinya digeser oleh Steve Staunton yang dibeli dari Aston Villa. Sepanjang karirnya, Bjornebye dua kali memenangkan Piala Liga Inggris, satu kali saat bermain bersama Liverpool dan satu kali saat bermain bersama Blackburn Rovers.


11. André Bergdølmo


Andre Bergdolmo adalah seorang defender yang memiliki kemampuan komplit. Ia bisa dimainkan sebagai bek kiri, bek kanan, maupun bek tengah. Kemampuannya untuk ditempatkan dalam berbagai posisi ini membuatnya menjadi andalan tim-tim yang dibelanya. Periode terbaik karir Bergdolmo terjadi saat bermain untuk Rosenborg dari tahun 1997 hingga 2000, di mana ia memenangkan empat gelar Liga Norwegia. Ia juga sempat meraih double winners bersama Ajax Amsterdam di tahun 2001, di mana ia memenangkan gelar Eredivisie dan KNVB Cup.


10. Thorbjørn Svenssen


Thorbjorn Svenssen adalah sosok yang dianggap sebagai kapten terbaik timnas Norwegia sepanjang masa. Dari 104 kali penampilannya bersama timnas Norwegia, 93 kali di antaranya ia lakukan sebagai seorang kapten. Tubuhnya yang tinggi besar membuat Svenssen dijuluki sebagai "The Rock." Perannya yang sangat vital sebagai bek tengah timnas Norwegia dalam periode 1947-1962 membuatnya sangat dicintai oleh fans sepakbola dari negara ini.


9. Brede Hangeland


Tenang, kuat, dan penuh perhitungan. Brede Hangeland adalah seorang bek tengah yang bermain untuk klub Inggris, Fulham, sejak tahun 2008. Sebelumnya, pemain ini tampil gemilang bersama FC Copenhagen dengan memimpin klub ini dua kali menjuarai Liga Denmark. Hangeland dikabarkan sempat dilirik oleh klub-klub besar seperti Manchester United dan Chelsea, namun lebih memilih untuk bergabung bersama Fulham karena faktor pelatih, Roy Hodgson. Prestasi terbaik Hangeland adalah membawa Fulham menjadi runner-up Piala UEFA musim 2008-2009.


8. Steffen Iversen


Steffen Iversen dianggap sebagai salah satu pemain terbaik Tottenham Hotspur sepanjang masa. Selama bermain untuk Spurs dari tahun 1996 hingga 2003, Iversen berhasil memenangkan satu trofi Piala Liga. Ia berposisi sebagai penyerang, berduet dengan target man asal Inggris, Les Ferdinand. Tak hanya itu, Iversen juga dua kali menjadi top skorer Tottenham Hotspur di Liga Inggris pada tahun 1999 dan 2000. Pemain ini mengakhiri karirnya pada tahun 2012 bersama klub terbesar Norwegia, Rosenborg FC.


7. Ronny Johnsen


Ronny Johnsen ditransfer dari Besiktas ke Manchester United pada tahun 1996. Dengan nilai transfer mencapai 1.2 juta Pound Sterling, Johnsen saat itu menjadi bek termahal Norwegia sepanjang masa. Harga tersebut ia bayar dengan penampilan gemilang, di mana Johnsen berhasil membantu Manchester United memenangkan empat gelar Liga Inggris, satu trofi Liga Champions, dan satu trofi Piala FA. Duetnya bersama Jaap Stam di akhir tahun 1990-an dianggap sebagai duet center-back terbaik di Liga Inggris.


6. Tore André Flo


Bersama Gianfranco Zola, Tore Andre Flo menjadi striker andalan Chelsea di akhir tahun 1990-an. Pemain bertubuh tinggi ini memiliki peran yang sangat vital dalam membawa Chelsea menjadi juara Piala Winners' tahun 1998 dan Piala FA tahun 2000. Karena kehebatannya sebagai seorang striker, Flo sering dijuluki dengan nama panggilan "Flonaldo" oleh fans Chelsea. Sayang, karena kalah bersaing dari Jimmy Hasselbaink dan Eidur Gudjohnsen, Flo akhirnya dijual ke Glasgow Rangers pada musim 2000-2001.


5. John Carew


John Carew adalah seorang target-man yang handal. Ia bertubuh besar, kuat, dan sangat handal dalam mencetak gol melalui sundulan kepala. Pemain ini juga pernah bermain untuk klub-klub besar Eropa seperti AS Roma, Valencia, Besiktas, Lyon, dan Aston Villa. Karir terbaik Carew terjadi saat ia bermain bersama Valencia pada musim 2001-2002, di mana ia berhasil memenangkan satu gelar La Liga dan menjadi runner-up Liga Champions.


4. Jørgen Juve


Dengan catatan 33 gol, Jorgen Juve adalah top skorer sepanjang masa timnas Norwegia. Juve menghabiskan seluruh karir profesionalnya sebagai pesepakbola dalam periode 1928-1938 bermain untuk satu klub di Liga Norwegia, Lyn FC. Ia juga merupakan kapten timnas Norwegia saat mereka meraih medali perunggu dalam Olimpiade 1936. Setelah pensiun, Juve aktif bekerja sebagai penulis dan banyak menerbitkan buku-buku bertema sepakbola. 


3. Henning Berg


Henning Berg adalah pemain pertama dalam sejarah sepakbola yang memenangkan gelar Premier League bersama dua tim yang berbeda. Gelar pertamanya ia raih saat bermain untuk Blackburn Rovers pada tahun 1995, dan gelar keduanya ia menangkan saat bermain untuk Manchester United pada tahun 1999. Bergantian dengan Ronny Johnsen, Henning Berg dipercaya tampil sebagai bek tengah Manchester United mendampingi Jaap Stam. Pemain ini mengakhiri karirnya sebagai pesepakbola profesional pada tahun 2004 di Glasgow Rangers.


2. John Arne Riise


Kuat, cepat, dan tangguh. John Arne Riise adalah salah satu bek kiri terbaik di dunia. Masa-masa keemasannya sebagai pesepakbola terjadi saat bermain untuk Liverpool di tahun 2001 hingga 2008, di mana Riise memenangkan masing-masing satu trofi Liga Champions, Piala FA, dan Piala Liga. Tak hanya itu, Riise juga memegang rekor sebagai pemain dengan jumlah penampilan terbanyak untuk timnas Norwegia, dengan total 110 penampilan.


1. Ole Gunnar Solskjær


Tak ada lagi yang meragukan kehebatan seorang Ole Gunnar Solskjaer. Striker yang dikenal sebagai salah satu super-sub terbaik di dunia ini menjalani karir yang sangat gemilang bersama Manchester United dari tahun 1996 hingga 2007. Di Manchester United, ia bermain bersama para pemain terbaik dunia seperti David Beckham, Ryan Giggs, Eric Cantona, dan Peter Schmeichel. Sepanjang karirnya, Solskjaer memenangkan enam gelar Premier League, satu trofi Liga Champions, dan dua trofi Piala FA.