15 Kiper Jerman Terbaik Dalam Sejarah

Berbicara soal kiper, Jerman adalah salah satu negara penghasil kiper terbaik di Eropa, selain Italia dan Spanyol. Negara ini telah melahirkan puluhan kiper berbakat yang kemampuannya sudah diakui oleh publik internasional. Beberapa dari mereka bahkan berhasil membawa timnas Jerman menjadi juara dunia dan meraih berbagai gelar prestisius di level klub.

Di artikel ini, IlmuBola akan menyajikan ranking 15 kiper Jerman terbaik dari masa ke masa. Beberapa kiper ini tak hanya berkarir di Liga Jerman saja, namun juga bermain untuk beberapa klub di Liga Italia, Spanyol, dan Inggris. Langsung saja, berikut daftarnya:

15. Timo Hildebrand


Timo Hildebrand adalah seorang penjaga gawang yang berperan besar dalam membawa Stuttgart memenangkan Bundesliga musim 2006-07. Ia juga memegang rekor sebagai penjaga gawang yang berhasil mempertahankan rekor tidak kebobolan terlama di Liga Jerman, dengan catatan 884 menit. Walaupun memiliki skill yang mumpuni sebagai seorang kiper, ia jarang mendapat kesempatan bermain di timnas Jerman karena kalah bersaing dengan Oliver Kahn, Jens Lehmann, dan Manuel Neuer.


14. Bert Trautmann


Tak seperti kebanyakan kiper dalam daftar ini, Trautmann justru lebih banyak berkarir di luar Jerman. Ia menghabiskan 15 tahun karirnya dalam periode 1949 hingga 1964 bermain untuk Manchester City. Walaupun tidak memenangkan banyak trofi, Trautmann dianggap sebagai salah satu legenda Manchester City karena sudah tampil sebanyak lebih dari 500 pertandingan. Penampilannya yang paling dramatis terjadi dalam final Piala FA 1956, di mana ia berhasil membawa City menjadi juara dan tampil penuh selama 90 menit walaupun mengalami patah tulang leher.


13. Eike Immel


Eike Immel sempat menjadi penjaga gawang termahal Jerman ketika ia ditransfer dari Borussia Dortmund ke Stuttgart dengan nilai dua juta Mark. Sebelumnya, ia bermain untuk Borussia Dortmund dan sudah dipercaya menjadi penjaga gawang nomor satu tim tersebut sejak masih berusia 17 tahun. Karirnya bersama Stuttgart juga cukup gemilang, di mana ia berhasil memenangkan gelar Bundesliga di musim 1991-92. Ia juga masuk dalam skuad Jerman Barat yang menjuarai Euro 1980. Walaupun bermain bagus, Eike juga memiliki rekor buruk, yaitu menjadi kiper Bundesliga yang paling banyak kebobolan, dengan total kebobolan 829 gol dari 534 pertandingan.


12. Toni Turek

Toni Turek adalah penjaga gawang timnas Jerman Barat dalam Piala Dunia 1954. Di turnamen tersebut, ia tampil cukup gemilang dan membawa negaranya menjadi juara dunia. Toni juga melakukan sebuah penyelamatan gemilang di pertandingan final melawan Hongaria, di mana ia berhasil menyelamatkan tendangan jarak dekat yang ditembakkan oleh Nandor Hidegkuti. Turek menghabiskan sebagian besar karirnya bermain bersama klub Liga Jerman, Fortuna Düsseldorf.


11. Stefan Klos


Stefan Klos adalah penjaga gawang utama Borussia Dortmund saat tim tersebut memenangkan Liga Champions musim 1996-97. Tak hanya di Jerman, ia juga cukup sukses bermain bersama Glasgow Rangers di Liga Skotlandia. Bersama Dortmund, Klos memenangkan dua gelar Bundesliga dan satu trofi Liga Champions. Sebagai pemain Glasgow Rangers, Klos menjuarai empat gelar Liga Skotlandia dan tiga gelar Piala Skotlandia.


10. Raimond Aumann


Aumann adalah penjaga gawang nomor satu Bayern Munich di akhir tahun 1980-an hingga pertengahan 1990-an. Bersama Munich, ia memenangkan enam gelar Bundesliga dan dua trofi Piala Jerman. Ia juga merupakan bagian dari skuad Jerman Barat yang menjuarai Piala Dunia 1990, walaupun sama sekali tidak bermain dalam turnamen tersebut karena kalah bersaing dari Bodo Illgner. Ia mengakhiri karirnya sebagai pesepakbola profesional bersama Besiktas di tahun 1995.


9. Jens Lehmann


Jens Lehmann adalah seorang penjaga gawang yang tangguh, brilian, dan sedikit eksentrik. Ia adalah bagian dari generasi emas Arsenal yang mampu menjuarai Premier League musim 2003-04 tanpa terkalahkan. Tak hanya itu, Lehmann juga memegang rekor clean sheets dalam Liga Champions, di mana ia tidak kebobolan selama sepuluh pertandingan berturut-turut. Salah satu penampilan terbaiknya bersama timnas Jerman terjadi dalam Piala Dunia 2006, di mana ia membawa negaranya menduduki peringkat ketiga dalam turnamen tersebut.


8. Manuel Neuer


Manuel Neuer adalah pengganti sosok pengganti Oliver Kahn di Bayern Munich. Walaupun sempat diragukan, Neuer berhasil membuktikan kapasitasnya sebagai seorang penjaga gawang. Ia bahkan saat ini dianggap sebagai penjaga gawang nomor satu di Jerman. Kehebatan Manuel Neuer mulai diakui publik ketika ia berhasil membawa Bayern Munich menjuarai lima gelar di musim kompetisi 2012-2013. Ia juga terpilih menjadi kiper terbaik dunia tahun 2013 versi IFFHS.


7. Wolfgang Kleff


Walaupun jarang mendapat kesempatan tampil di timnas karena kalah bersaing dengan Sepp Maier, kemampuan Kleff sebagai seorang penjaga gawang tidak perlu diragukan lagi. Ia adalah salah satu pemain legendaris Borussia Mönchengladbach yang mampu membawa klub ini menjuarai lima gelar Bundesliga dan satu trofi DFB Pokal. Dari tahun 1968 hingga 1976, ia selalu tampil dalam setiap pertandingan Borussia Mönchengladbach. Kleff juga termasuk dalam skuad Jerman Barat yang menjuarai Euro 1972 dan Piala Dunia 1974.


6. Hans-Jorg Butt


Butt adalah seorang penjaga gawang yang cukup sering mencetak gol. Sepanjang karirnya, ia mencetak 32 gol yang hampir semuanya dicetak melalui tendangan penalti. Ia juga beberapa kali memperkuat timnas Jerman, walaupun sangat jarang mendapat kesempatan tampil sebagai kiper utama karena kalah bersaing dari Oliver Kahn dan Jens Lehmann. Prestasi terbaik Butt datang di penghujung karirnya, ketika ia menjuarai Liga Jerman di musim 2009-10 bersama Bayern Munich.


5. Andreas Koepke


Andreas Koepke adalah mimpi buruk bagi timnas Inggris. Penjaga gawang ini tampil sangat tangguh dalam turnamen Euro 1996, di mana ia menyingkirkan timnas Inggris dengan menggagalkan tendangan Gareth Southgate dalam babak adu penalti. Koepke bahkan akhirnya sukses membantu Jerman menjadi juara turnamen tersebut. Walaupun bermain gemilang di level tim nasional, Koepke sama sekali belum pernah memenangkan trofi apapun di level klub.


4. Bodo Illgner


Bodo Illgner memegang rekor sebagai penjaga gawang pertama yang tidak kebobolan dalam pertandingan final Piala Dunia. Prestasi tersebut ia cetak dalam final Piala Dunia 1990, di mana ia membawa negaranya menjadi juara dengan mengalahkan Argentina. Sepanjang karirnya, Illgner dikenal sebagai penjaga gawang yang sangat tangguh dalam duel satu lawan satu. Ia juga menjalani karir yang sukses bersama Real Madrid dengan memenangkan dua trofi La Liga dan dua gelar Liga Champions.


3. Harald Schumacher


Harald Schumacher adalah penjaga gawang utama timnas Jerman di tahun 1980-an. Ia dikenal sebagai seorang kiper yang tangguh, membawa negaranya menjadi juara Piala Eropa 1980. Walaupun demikian, Schumacher sangat dibenci masyarakat Perancis karena penampilannya yang kasar dalam pertandingan antara Jerman Barat melawan Perancis di Piala Dunia 1982. Dalam pertandingan tersebut, ia menabrak Patrick Battiston hingga koma dan menyingkirkan timnas Perancis dari turnamen melalui babak adu penalti. Sepanjang karirnya, Schumacher memenangkan dua gelar Bundesliga bersama FC Koln dan Borussia Dortmund.


2. Oliver Kahn


Tangguh dan berwibawa. Bersama Peter Schmeichel, Kahn dianggap sebagai penjaga gawang di era 90-an yang memiliki skill leadership terbaik. Kahn mengukir banyak prestasi, baik bersama Bayern Munich maupun timnas Jerman. Ia menjadi satu-satunya penjaga gawang dalam sejarah yang memenangkan gelar Golden Ball di turnamen Piala Dunia. Kontribusinya yang sangat besar juga membuat Kahn dianggap sebagai salah satu pemain Bundesliga terbaik. Bersama Bayern Munich, ia menjuarai delapan gelar Bundesliga, enam Piala Jerman, dan satu trofi Liga Champions.


1. Sepp Maier


Dari segi kemampuan, loyalitas, dan jumlah gelar; Maier pantas disebut sebagai kiper Jerman terbaik sepanjang masa. Ia menghabiskan 18 tahun karirnya bermain untuk satu klub, Bayern Munich. Bersama Munich, ia memenangkan empat gelar Bundesliga, tiga trofi Piala Champions, dan tiga kali terpilih sebagai pesepakbola terbaik Jerman. Tak hanya itu, ia juga menunjukkan performa luar biasa ketika membawa Jerman menjadi juara Piala Dunia 1974. Sepanjang karirnya, Maier bermain dalam 95 pertandingan untuk timnas Jerman Barat.