15 Pemain Tottenham Hotspur Terbaik Sepanjang Sejarah

Selain Chelsea dan Arsenal, ada satu klub London lain yang dianggap sebagai salah satu yang terkuat di kompetisi Liga Inggris. Klub tersebut adalah Tottenham Hotspur, sebuah tim sepakbola yang menjadi salah satu kuda hitam terkuat di Premier League. Tottenham Hotspur tak hanya melahirkan banyak bintang sepakbola internasional, namun juga telah memenangkan berbagai kompetisi bergengsi.

Siapa sajakah pemain terbaik Tottenham Hotspur sepanjang masa? Untuk mengetahui lebih dalam jawaban dari pertanyaan tersebut, IlmuBola menyajikan daftar 15 pemain legendaris Tottenham Hotspur, seperti Sol Campbell, Pat Jennings, dan David Ginola. Menurut anda, siapakah yang terbaik di antara mereka?


15. Robbie Keane


Robbie Keane adalah seorang striker Irlandia yang bermain untuk Tottenham Hotspur selama delapan tahun. Ia dibeli dari Leeds United pada tahun 2002 dan menunjukkan performa yang sangat memuaskan sebagai seorang striker. Keane dikenal sebagai seorang striker dengan stamina dan daya jelajah yang tinggi. Prestasi terbaiknya di Tottenham Hotspur adalah memenangkan gelar Piala Liga pada musim 2007-2008. Selain itu, Keane juga merupakan top skorer sepanjang masa timnas Irlandia.


14. Gareth Bale


Gareth Bale memperkuat Tottenham Hotspur selama kurun waktu enam tahun, dari 2007 hingga 2013. Di tahun 2013, ia menggemparkan dunia dengan menjadi pemain termahal sepanjang masa setelah dibeli Real Madrid dengan nilai transfer sekitar 85 juta poundsterling. Berposisi sebagai winger, Bale dikenal sebagai seorang pemain yang kuat, cepat, dan produktif dalam mencetak gol. Bale total bermain dalam 146 pertandingan dan mencetak 42 gol untuk Tottenham Hotspur.


13. Paul Gascoigne


Paul Gascoigne adalah salah satu gelandang Inggris terbaik sepanjang masa yang memperkuat Tottenham Hotspur dalam periode 1988-1992. Gascoigne adalah seorang gelandang tengah yang sangat kreatif, mampu bertahan maupun menyerang dengan sama baiknya. Selama membela Tottenham Hotspur, Gascoigne memenangkan satu trofi Piala FA tahun 1991. Ia juga merupakan bagian vital dari timnas Inggris yang menduduki tempat ketiga dalam Piala Dunia 1990.


12. Teddy Sheringham


Walaupun memenangkan lebih banyak trofi bersama Manchester United, Sheringham sebenarnya menghabiskan lebih banyak waktu bermain untuk Tottenham Hotspur. Total, ia bermain selama tujuh tahun, mencetak 124 gol dari 277 penampilan. Tak hanya itu, Sheringham juga berhasil menjadi top skorer Liga Inggris musim 1992-1993 saat bermain untuk klub ini. Sayang, Sheringham sama sekali tidak memenangkan trofi ketika bermain untuk Tottenham Hotspur.


11. Bobby Smith

Bobby Smith adalah seorang striker yang memenangkan cukup banyak trofi ketika bermain untuk Tottenham Hotspur dalam periode 1955-1964. Ia membawa tim ini meraih double winners pada musim 1960-1961 dengan memenangkan gelar Liga Inggris dan Piala FA. Ia juga memenangkan satu trofi Piala Winners' pada tahun 1963. Hingga saat ini, Bobby Smith tercatat sebagai top skorer kedua sepanjang masa Tottenham dengan catatan 208 gol.


10. Darren Anderton


Darren Anderton adalah seorang gelandang Inggris yang memegang rekor jumlah penampilan terbanyak untuk Tottenham Hotspur di kompetisi Premier League. Pemain ini bermain untuk Spurs selama 12 tahun, dari tahun 1992 hingga 2004. Walaupun bertalenta tinggi, Anderton sangat sering dilanda cedera sehingga ia diberi julukan "Sicknote." Prestasi terbaiknya bersama Tottenham Hotspur adalah memenangkan Piala Liga tahun 1999.


9. Ledley King


Ledley King adalah salah satu defender terbaik sepanjang masa yang pernah bermain untuk Tottenham Hotspur. Ia menghabiskan seluruh karir profesionalnya bersama klub ini dari tahun 1999 hingga 2012 dan memenangkan satu trofi Piala Liga pada tahun 2008. Performanya sebagai seorang bek terbilang solid dan tangguh, serta sangat jarang melakukan kesalahan. Ia juga dipercaya menjadi kapten Tottenham Hotspur selama empat tahun, dari tahun 2005 hingga 2009.


8. Gary Lineker


Selama tiga tahun bermain untuk Tottenham Hotspur, Lineker selalu berhasil menjadi top skorer untuk klub ini. Tak hanya itu, ia bahkan menjadi top skorer Liga Inggris tahun 1989 dan membawa Tottenham Hotspur memenangkan Piala FA tahun 1991. Total, Lineker mencetak 67 gol dari 105 penampilan bersama Tottenham Hotspur. Ia pindah dari klub ini ke Nagoya Grampus Eight, sebuah klub Liga Jepang tempat di mana Lineker mengakhiri karirnya sebagai pesepakbola profesional.


7. Cliff Jones


Cliff Jones dianggap sebagai salah satu sayap kiri terbaik yang pernah bermain di Liga Inggris. Pemain ini bergabung bersama Tottenham Hotspur dari tahun 1958 hingga 1968 dan memenangkan satu gelar Liga Inggris, tiga trofi Piala FA, dan satu trofi Piala Winners'. Selain cepat dan memiliki kemampuan dribbling yang bagus, Cliff Jones juga cukup produktif dalam mencetak gol, total menyarangkan 159 gol dari 378 penampilan bersama Spurs.


6. Jermain Defoe


Sepanjang karirnya, Defoe bermain untuk Tottenham Hotspur selama sembilan tahun. Penampilannya yang paling berkesan untuk Tottenham Hotspur terjadi dalam pertandingan melawan Wigan Athletic, di mana Defoe mencetak lima gol dan membawa timnya menang dengan skor 9-1. Defoe dipuja fans Tottenham Hotspur karena sangat produktif dalam mencetak gol, total mencetak 143 gol dalam 363 penampilan bersama klub ini.


5. David Ginola


David Ginola adalah seorang gelandang flamboyan yang selalu menunjukkan permainan yang indah. Dibeli dari Newcastle United pada tahun 1997, Ginola menunjukkan permainan yang memikat selama tiga musim membela Tottenham Hotspur. Ia membawa klub ini memenangi Piala Liga tahun 1999 dan terpilih sebagai pemain terbaik Liga Inggris pada tahun yang sama. Sayang, pemain ini terpaksa pindah ke Aston Villa karena dijual secara paksa oleh manajemen klub pada tahun 2000.


4. Pat Jennings


Ditinjau dari segi statistik, Pat Jennings layak disebut sebagai kiper terbaik Tottenham Hotspur, mengalahkan nama-nama seperti Ray Clemence, Ian Walker, maupun Paul Robinson. Selama 14 tahun bermain untuk Spurs, Jennings memenangkan satu gelar Piala FA, dua trofi Piala Liga, dan satu trofi Piala UEFA. Ia bahkan berhasil mencetak sebuah gol ajaib dari jarak jauh dalam pertandingan final Charity Shield melawan Manchester United tahun 1967. Total, Walker bermain dalam 591 pertandingan untuk Tottenham Hotspur.


3. Steve Perryman


Steve Perryman adalah pemain yang memegang rekor jumlah penampilan terbanyak sepanjang masa di Tottenham Hotspur dengan total 854 pertandingan. Gelandang asal Inggris ini bermain selama 15 tahun, dari 1969 hingga 1984. Total, Perryman membawa Tottenham memenangkan dua gelar Piala UEFA, dua trofi Piala FA, dan dua trofi Piala Liga. Setelah pensiun, ia juga sempat menjadi caretaker Tottenham pada musim 1993-1994. 


2. Sol Campbell


Tak hanya di Tottenham Hotspur, Sol Campbell bahkan sering dianggap sebagai bek tengah terbaik dalam sejarah Liga Inggris. Pemain ini sangat tangguh, keras, memiliki leadership skill yang bagus, dan selalu bermain fair play. Ia bermain untuk Tottenham dari tahun 1992 hingga 2001 dan memenangkan satu gelar Piala Liga tahun 1999. Campbell kemudian pindah ke Arsenal pada musim panas tahun 2001 di mana ia mampu memenangkan lebih banyak trofi.


1. Jimmy Greaves


Dengan total 266 gol yang dicetaknya selama sembilan tahun, Jimmy Greaves adalah top skorer sepanjang masa Tottenham Hotspur. Striker asal Inggris ini dikenal sangat tajam dalam mencetak gol dan mempersembahkan dua trofi Piala FA dan satu trofi Winners' Cup untuk Tottenham. Tak hanya itu, Greaves juga merupakan bagian vital timnas Inggris yang menjuarai Piala Dunia 1966. Setelah pensiun, Greaves banyak bekerja di media olahraga, sebagai komentator maupun kolumnis.