16 Pesepakbola Denmark Terbaik Dalam Sejarah

Denmark adalah suatu negara Eropa Utara yang memiliki kultur sepakbola yang kuat. Negara ini dianggap sebagai salah satu kuda hitam di dunia persepakbolaan internasional, bahkan sudah pernah memenangkan turnamen bergengsi. Sejauh ini, sudah ratusan, bahkan ribuan pemain Denmark yang berkarir di Liga Eropa dan menjuarai berbagai kompetisi sepakbola.

Di artikel ini, IlmuBola akan mengajak para pembaca sekalian untuk melihat daftar 16 pemain sepakbola Denmark terbaik sepanjang masa. Dalam daftar ini, anda akan menemukan beberapa nama yang cukup familiar, seperti Peter Schmeichel, Laudrup bersaudara, dan masih banyak lagi. Berikut daftarnya:


16. Thomas Helveg


Thomas Helveg adalah seorang bek sayap kanan asal Denmark yang menghabiskan sebagian besar karirnya bermain di Liga Italia untuk Udinese, AC Milan, dan Inter Milan. Helveg dikenal sebagai seorang bek yang berstamina tinggi dan aktif membantu penyerangan. Prestasi terbaiknya adalah menjuarai Serie A musim 1998-99 dan Liga Champions 2003 bersama AC Milan. Total, Helveg tampil dalam 108 pertandingan internasional bersama timnas Denmark.


15. Harald Nielsen


Harald Nielsen adalah seorang striker yang menjadi salah satu pemain legendaris klub Bologna. Ia membawa klub tersebut menjuarai satu gelar Serie A dan dua kali menjadi top skorer turnamen ini dalam periode 1961-1967. Catatan golnya bersama timnas Denmark pun cukup impresif, di mana ia berhasil mencetak 15 gol dalam 14 penampilan. Setelah pensiun sebagai pesepakbola internasional, Nielsen aktif merintis bisnis dan ia dikenal sebagai salah satu wiraswastawan tersukses di Denmark.


14. Christian Poulsen


Christian Poulsen adalah seorang gelandang tengah yang enerjik dan berstamina tinggi. Pemain ini memperkuat Denmark dari tahun 2001 hingga 2012, tampil sebanyak 92 kali dan mencetak enam gol. Poulsen juga memiliki jam terbang yang cukup tinggi, sudah bermain untuk beberapa klub dalam liga-liga terbesar Eropa, seperti Schalke, Sevilla, dan Juventus. Prestasi terbaik Poulsen terjadi di tahun 2005 dan 2006, di mana ia dua kali terpilih sebagai pemain terbaik Denmark.


13. Dennis Rommedahl


Rommedahl adalah seorang penyerang sayap yang menghabiskan sebagian besar karirnya bermain di Liga Belanda. Periode terbaiknya terjadi dalam 1997-2004 ketika bermain untuk PSV Eindhoven. Saat itu, Rommedahl berhasil memenangkan empat gelar Liga Belanda. Sukses bermain di PSV, pemain ini kemudian pindah ke Charlton Athletic, Olympiakos, dan Brondby. Ketika bermain di Olympiakos, Rommedahl berhasil menjuarai Liga Yunani dan dinobatkan sebagai pemain terbaik Denmark 2010.


12. Morten Olsen


Morten Olsen aktif bermain untuk timnas Denmark pada periode 1970-1989. Ia dikenal sebagai salah satu gelandang bertahan terbaik di dunia dan dua kali dinobatkan sebagai pemain terbaik Denmark. Periode keemasannya dilalui saat bermain bersama Anderlecht, di mana Olsen memenangkan tiga gelar Liga Belgia dan satu trofi Piala UEFA. Setelah pensiun sebagai pesepakbola profesional, Olsen melatih timnas Denmark sejak tahun 2000.


11. Daniel Agger


Daniel Agger dianggap sebagai salah satu bek tengah terbaik di Premier League dalam dekade ini. Pemain ini memperkuat Liverpool dari tahun 2006 dan membawa The Reds memenangkan satu trofi Piala FA dan satu trofi Piala Liga. Agger juga dua kali dianugerahi gelar sebagai pemain terbaik Denmark pada tahun 2007 dan 2012. Walaupun rentan cedera, ia selalu berhasil menunjukkan performa terbaiknya saat fit. Ia bahkan dipercaya menjadi wakil kapten Liverpool sejak tahun 2013.


10. Preben Elkjær Larsen


Preben Elkjaer Larsen adalah seorang striker yang sangat dipuja-puja oleh publik Verona. Bagaimana tidak, ia berperan besar dalam membawa klub Hellas Verona menjuarai Serie A tahun 1985. Gelar tersebut menjadi satu-satunya major titel yang pernah dimenangkan oleh Verona sepanjang sejarah. Tak hanya itu, Elkjaer juga membawa FC Koln menjuarai satu gelar Bundesliga dan dua trofi DFB Pokal. Untuk timnas Denmark, Larsen mencetak 39 gol dari 68 penampilan.


9. Frank Arnesen


Frank Arnesen merupakan seorang gelandang Denmark yang menuai sukses luar biasa di Liga Belanda. Sepanjang karirnya dari tahun 1975 hingga 1988, ia menjuarai enam gelar Eredivise. Tiga gelar ia menangkan bersama Ajax Amsterdam, dan tiga gelar lainnya bersama PSV Eindhoven. Tak hanya itu, bersama PSV ia juga menjuarai Piala Champions tahun 1988.


8. Jan Heintze


Secara prestasi maupun skill, Jan Heintze bisa dianggap sebagai defender Denmark terbaik sepanjang masa. Ia dikenal sebagai seorang bek kiri yang tangguh, cepat, dan aktif dalam membantu penyerangan. Bermain untuk PSV Eindhoven selama 16 tahun, Heintze memenangkan sembilan gelar Liga Belanda, tiga KNVB Cup, dan satu trofi Piala Champions.


7. Allan Simonsen


Allan Simonsen adalah seorang striker bertubuh pendek, namun sangat cepat, lincah, dan produktif dalam mencetak gol. Pemain ini bersinar ketika bermain untuk Borussia Mönchengladbach dan Barcelona dalam periode 1972-1982. Bersama dua klub tersebut, Simonsen menjuarai tiga gelar Bundesliga, dua Piala UEFA, dan satu trofi Piala Winners'. Tak hanya itu, Simonsen bahkan dinobatkan sebagai European Footballer of the Year pada tahun 1977.


6. Brian Laudrup


Brian Laudrup adalah seorang penyerang yang serba bisa, yang dapat bermain sebagai center forward, attacking midfielder, atau penyerang sayap. Ia juga berkarir bersama berbagai klub besar di Eropa seperti Bayern Munich, Fiorentina, Milan, Glasgow Rangers, dan Chelsea. Brian Laudrup juga tercatat sebagai pemain terbanyak yang memenangkan gelar Danish Player of the Year sebanyak empat kali. Ia juga memimpin timnas Denmark menjuarai Euro 1992 dan Piala Konfederasi 1995.


5. Jon Dahl Tomasson


Dengan total 52 gol yang dicetaknya untuk timnas Denmark, Tomasson menjadi top skorer sepanjang masa negara ini, bersama dengan Poul Nielsen. Karir terbaiknya dijalani bersama Feyenoord Rotterdam dan AC Milan dalam periode 1998-2005. Bersama dua klub tersebut, Tomasson memenangkan satu gelar Eredivisie, satu gelar Serie A, dan satu gelar Liga Champions. Tomasson juga menjadi penerima Bronze Shoe dalam Piala Dunia 2002 di mana ia berhasil mencetak empat gol dalam turnamen tersebut.


4. Poul Nielsen


Ditinjau dari segi statistik, Poul Nielsen adalah pencetak gol terbaik Denmark sepanjang masa. Bermain untuk timnas Denmark dari tahun 1910 hingga 1925, Nielsen berhasil mencetak 52 gol hanya dalam 38 pertandingan. Salah satu penampilan terbaiknya adalah dalam pertandingan melawan Swedia tahun 1913, di mana Nielsen berhasil mencetak enam gol dan membawa timnya menang dengan skor 10-0. Tak hanya itu, Nielsen juga membantu timnas Denmark memenangkan medali perak Olimpiade 1912.


3. Søren Lerby


Soren Lerby adalah seorang gelandang Denmark yang meraih sukses luar biasa di persepakbolaan Eropa. Ia memenangkan total tujuh gelar Liga Belanda saat bermain untuk PSV dan Ajax Amsterdam serta dua gelar Bundesliga saat bermain untuk Bayern Munich. Tak hanya itu, Lerby juga memenangkan Piala Champions 1988 bersama PSV. Sebagai pemain, ia dikenal memiliki leadership dan stamina yang tinggi. Ia pernah bermain dalam dua pertandingan dalam sehari, pagi hari untuk timnas Denmark, dan malam harinya bermain untuk Bayern Munich.


2. Michael Laudrup


Michael Laudrup adalah kakak kandung dari Brian Laudrup dan dianggap sebagai salah satu pemain terbaik Denmark dalam turnamen Piala Konfederasi 1995. Dalam turnamen tersebut, Laudrup berperan besar membawa tim Denmark menjadi juara. Laudrup juga cukup sukses di level klub, di mana ia memenangkan lima gelar La Liga bersama Barcelona dan Real Madrid, satu gelar Serie A bersama Juventus, dan satu gelar Eredivisie bersama Ajax Amsterdam.


1. Peter Schmeichel


Ketangguhan seorang Peter Schmeichel sebagai seorang penjaga gawang tak perlu diragukan lagi. Ia dianggap sebagai kiper yang sangat berkarisma, yang dipercaya mengawal gawang Manchester United selama delapan tahun, dari tahun 1991 hingga 1999. Dalam kurun waktu tersebut, Schmeichel memenangkan lima gelar Premier League, satu trofi Liga Champions, dan tiga trofi Piala FA. Tak hanya itu, Schmeichel juga memimpin Denmark memenangkan Euro 1992 dan empat kali terpilih sebagai UEFA Goalkeeper of the Year.