15 Striker Arsenal Terbaik Sepanjang Masa

Arsenal adalah salah satu tim sepakbola yang sangat disegani di Eropa. Klub ini memiliki filosofi sepakbola menyerang yang indah, yang didukung oleh kehadiran striker-striker kelas dunia yang sangat berkualitas. Mereka berperan besar dalam berbagai gelar serta trofi yang diraih oleh The Gunners. Pertanyaannya, siapakah penyerang yang layak diberi gelar sebagai striker Arsenal terbaik sepanjang masa?

Untuk menjawab pertanyaan ini, IlmuBola akan menyajikan daftar 15 striker Arsenal yang memiliki kontribusi besar dalam keberhasilan klub ini. Tak hanya berdasarkan jumlah gelar yang mereka menangkan, skill dan penghargaan individu serta prestasi bersama tim nasional juga menjadi bahan pertimbangan penyusunan ranking.


15. Sylvain Wiltord


Wiltord adalah seorang penyerang sayap asal Perancis yang dibeli dari Bordeaux pada tahun 2000. Pada saat itu, ia memecahkan rekor sebagai pemain termahal yang pernah dibeli Arsenal, dengan nilai transfer 13 juta Poundsterling. Selama empat tahun berkarir bersama Arsenal, Wiltord mencetak 32 gol dari 104 penampilan. Ia biasanya dimainkan sebagai pendamping striker utama, Thierry Henry, dan sering juga berperan sebagai seorang super-sub.


14. Nicolas Anelka


Karir Anelka di Arsenal memang pendek, hanya berlangsung selama dua tahun dari 1997 hingga 1999. Dalam dua tahun yang singkat tersebut, ia berhasil meninggalkan sebuah prestasi yang cukup berkesan, yaitu menjadi juara Liga Premier musim 1997-1998 dan menjadi top skorer Arsenal di musim kompetisi 1998-1999 dengan 17 gol. Sayang, striker ini mengungkapkan bahwa ia merasa tidak betah bermain di Arsenal dan memutuskan untuk pindah ke Real Madrid pada musim berikutnya.


13. Theo Walcott


Mungkin banyak yang menganggap bahwa memasukkan Theo Walcott ke dalam daftar striker Arsenal terbaik sepanjang masa masih terlalu dini. Namun, kami menilai Walcott memiliki potensi yang luar biasa untuk menjadi salah satu legenda Arsenal, bahkan legenda Inggris. Penyerang sayap ini memegang rekor sebagai pemain termuda yang pernah bermain untuk timnas Inggris. Tak hanya itu, Walcott yang sudah bergabung bersama Arsenal sejak tahun 2006 juga sudah sering mencetak gol-gol penting yang berkontribusi besar dalam kemenangan timnya.


12. Charlie Nicholas


Nicholas dibeli dari Glasgow Celtic pada tahun 1983 di usia yang masih cukup muda, 21 tahun. Pada saat itu, ia menjadi pesepakbola bergaji tertinggi di Liga Inggris. Arsenal sepertinya jatuh cinta pada penampilan Nicholas, di mana ia mampu membawa Celtic memenangkan dua gelar Liga Skotlandia di usianya yang masih sangat muda. Di Arsenal, ia dikenal sebagai tandem Alan Smith di lini depan dan mengantarkan klub ini menjuarai Piala Liga tahun 1987.


11. Jimmy Brain


Jimmy Brain adalah seorang penyerang yang bermain untuk Arsenal dari tahun 1923 hingga 1931. Walaupun tidak memenangkan gelar apapun selama bermain untuk The Gunners, Brain menunjukkan kualitas individu yang luar biasa. Ia menjadi top skorer Arsenal selama empat musim, di antaranya mencetak 39 gol dalam satu musim kompetisi Liga Inggris. Sepanjang karirnya, pemain asal Inggris ini mencetak 125 gol dari 214 penampilan untuk Arsenal.


10. Nwankwo Kanu


Kanu adalah striker asal Nigeria yang sering dianggap sebagai salah satu pesepakbola Afrika terbaik sepanjang masa. Pemain ini termasuk salah satu andalan generasi emas Arsenal semasa kepelatihan Arsene Wenger, bermain dengan pemain-pemain The Gunners terbaik sepanjang masa seperti Dennis Bergkamp dan Thierry Henry. Walaupun lebih banyak dimainkan sebagai pemain cadangan, Kanu kerap menyumbangkan gol-gol penting yang membantu Arsenal memenangkan pertandingan. Salah satu momen paling berkesan adalah saat ia mencetak hattrick dalam waktu 15 menit, membuat Arsenal mampu berbalik mengalahkan Chelsea setelah tertinggal 2-0.


9. John Radford

John Radford adalah pemain yang dibina sejak muda oleh Youth Academy Arsenal. Ia bermain untuk The Gunners dari tahun 1964 hingga 1976 dan mencetak 149 gol dari 475 penampilan. Sepanjang karirnya, Radford dikenal sebagai seorang striker yang serba bisa. Ia bisa dimainkan sebagai penyerang tengah, second striker, atau bahkan winger kanan. Prestasi terbaiknya terjadi di musim 1970-1971, di mana ia membantu Arsenal memenangkan double winners dengan menjuarai FA Cup dan Liga Inggris.


8. Ted Drake


Ted Drake adalah striker Inggris yang memegang rekor sebagai pencetak gol terbanyak dalam satu musim dengan total 44 gol di musim 1934-1935. Ia juga memegang rekor sebagai pencetak gol terbanyak dalam satu pertandingan divisi teratas Liga Inggris, dengan total tujuh gol dalam pertandingan melawan Aston Villa. Melihat ketajamannya, sepertinya tidak mengherankan jika Drake dianggap sebagai sosok penting yang membawa Arsenal dua kali meraih gelar Liga Inggris dan satu gelar Piala FA dalam periode 1934-1938.


7. Alan Smith


Sebelum dikenal sebagai salah satu komentator sepakbola terbaik di dunia, Alan Smith adalah salah satu striker andalan Arsenal. Ia memperkuat The Gunners selama delapan tahun dari tahun 1987 hingga 1995. Penyerang asal Inggris ini pun mengakhiri karirnya bersama Arsenal. Selama bermain di klub ini, Smith dikenal sebagai seorang striker yang sangat berprestasi. Ia membawa Arsenal dua kali memenangi gelar Liga Inggris dan dua kali pula menjadi top skorer kompetisi ini.


6. Robin van Persie


Dicintai, sekaligus dibenci. Selama delapan tahun bermain untuk Arsenal, van Persie menjadi andalan lini depan The Gunners sekaligus pemain pujaan para fans. Ia memang hanya mampu memenangkan satu trofi Piala FA pada tahun 2005, namun gol-golnya membuktikan bahwa van Persie adalah seorang striker kelas dunia. Selama berkarir di Arsenal, ia mencetak 96 gol dari 194 penampilan, serta satu kali menjadi top skorer Liga Premier. Ketika pada akhirnya van Persie memutuskan pindah ke Manchester United pada tahun 2012, banyak fans Arsenal yang kemudian menjadi sangat benci pada van Persie.


5. Charlie George


Charlie George adalah seorang striker yang terkadang juga dimainkan sebagai seorang gelandang menyerang. Pemain asal Inggris ini bermain untuk The Gunners pada periode 1968-1975. Ia dikenal sebagai pemain yang sangat berperan penting dalam membawa Arsenal meraih double winners pada musim 1970-1971. Kala itu, Charlie George berhasil mencetak satu gol dan satu assist di menit-menit akhir, membuat Arsenal mampu menaklukkan Liverpool di final Piala FA.


4. Cliff Bastin


Cliff Bastin sebenarnya bukan seorang striker murni, melainkan lebih sering dipasang sebagai seorang winger. Pemain ini sempat memegang rekor top skorer Arsenal sepanjang masa selama puluhan tahun, sebelum rekor ini akhirnya dipecahkan oleh Thierry Henry. Sepanjang karirnya bermain untuk Arsenal dari tahun 1929 hingga 1947, Bastin mencetak 178 gol dari 395 penampilan. Pemain ini juga membawa Arsenal lima kali menjuarai Liga Inggris dan meraih dua trofi Piala FA.


3. Dennis Bergkamp


Dennis Bergkamp memiliki peran lebih dari seorang striker. Ia adalah pengatur serangan sekaligus inspirator tim. Penyerang asal Belanda ini berkarir bersama Arsenal selama 11 tahun, dan ia memiliki kontribusi yang sangat besar dalam membawa The Gunners menjadi salah satu klub yang paling disegani di Liga Premier Inggris. Tak hanya mempersembahkan tiga gelar Premier League dan empat trofi Piala FA, Bergkamp juga satu kali terpilih sebagai pemain Premier League terbaik musim 1997-1998.


2. Ian Wright


Ian Wright sudah menunjukkan performa yang memukau sejak pertandingan debutnya bersama Arsenal di Liga Inggris. Dalam pertandingan debut melawan Southampton di tahun 1991, Wright langsung mencetak hattrick. Tak hanya itu, di musim tersebut Wright juga menjadi top skorer liga dengan total 29 gol. Sejak saat itulah Wright menjadi andalan utama Arsenal selama enam musim berikutnya, di mana ia selalu berhasil menjadi top skorer untuk klub ini. Sepanjang karirnya bersama Arsenal, ia mencetak 185 gol dari 279 penampilan.


1. Thierry Henry


Thierry Henry memiliki semua kualitas yang wajib dimiliki oleh seorang striker. Ia kuat, cepat, memiliki teknik tinggi, serta memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi. Bermain untuk Arsenal dari tahun 1999 hingga 2007, Henry menjadi top skorer Arsenal sepanjang masa dengan total 228 gol. Ia juga mempersembahkan dua gelar Liga Premier Inggris, tiga trofi Piala FA, serta empat kali menjadi top skorer Liga Inggris. Untuk menghargai jasanya selama bermain di Arsenal, para fans klub ini membangun patung perunggu Thierry Henry di luar Stadion Emirates.