15 Pesepakbola Dynamo Kyiv Terbaik Sepanjang Masa

Dynamo Kyiv adalah salah satu klub terbesar dalam di Eropa Timur. Klub ini sempat bermain  di Liga Uni Soviet sebelum akhirnya berkompetisi di Liga Ukraina sejak tahun 1991. Saat ini, Dynamo Kyiv juga menyandang gelar sebagai klub tersukses sepanjang masa, total memenangkan 26 gelar juara liga (13 di antaranya diraih saat berkompetisi di Liga Soviet) dan dua trofi Piala Winners.

Tak hanya itu, Dynamo Kyiv juga merupakan tempat di mana pemain-pemain besar dunia berkarir. Klub ini telah melahirkan dan memoles kualitas pesepakbola-pesepakbola hebat seperti Andriy Shevchenko, Serhiy Rebrov, Oleg Blokhin, dan masih banyak lagi. Kali ini, IlmuBola.com akan membahas daftar 15 pemain Dynamo Kyiv terbaik sepanjang sejarah.

15. Artem Milevskiy


Artem Milevskiy adalah seorang striker asal Ukraina yang bermain untuk Dynamo Kyiv dalam periode 2002-2013. Dengan tubuhnya yang besar dan kuat, ia sangat tangguh dalam mencetak gol, terutama melalui sundulan kepala. Walaupun demikian, posisi utama Milevskiy bukanlah seorang target-man, melainkan seorang second striker. Selain produktif dalam mencetak gol, Milevskiy juga banyak memberikan assist untuk rekan satu timnya. Selama bergabung dengan Kyiv, ia memenangkan empat gelar liga dan dua kali terpilih sebagai Ukrainian Footballer of the Year.


14. Leonid Buryak


Bermain sebagai seorang gelandang, peran Leonid Buryak di timnas Uni Soviet kerap disejajarkan dengan peran Zidane di timnas Perancis atau Nedved di timnas Republik Ceko. Buryak adalah seorang playmaker yang luar biasa, berteknik bagus, dan memiliki stamina tinggi. Ia membantu negaranya memenangkan medali perunggu di Olimpiade 1976 dan memimpin Dynamo Kyiv meraih berbagai gelar domestik. Ia bermain untuk klub ini selama 11 tahun, mencetak 56 gol dalam 304 penampilan.


13. Oleh Husyev


Lahir di tahun 1983, Oleh Husyev dianggap salah satu bintang masa depan Ukraina bersama dengan Ruslan Rotan dan Artem Milevskiy. Pemain ini mengawali karirnya di Dynamo Kyiv pada tahun 2003, dan hingga sekarang posisinya sebagai bek kanan nomor satu nyaris tidak tergantikan. Sejauh ini, Husyev sudah memenangkan tiga trofi Liga Ukraina dan empat Piala Ukraina. Penampilan gemilangnya di Piala Dunia 2006 membuat Husyev dilirik oleh banyak klub besar Eropa, bahkan ia nyaris saja pindah ke Olympique Lyonnais.


12. Maksim Shatskikh


Pemain asal Uzbekistan ini menjadi striker andalan Dynamo Kyiv sejak Andriy Shevcenko pindah ke AC Milan. Dibeli dari Baltika Kaliningrad di tahun 1999, Shatskikh langsung menunjukkan penampilan gemilang di musim pertamanya, membantu Kyiv memenangkan Liga Ukraina sekaligus menjadi top skorer turnamen tersebut. Di tahun 1999 pula Shatskikh mencetak rekor sebagai pemain Asia pertama yang mencetak gol dalam kompetisi Liga Champions.


11. Yevhen Rudakov

Yevhen Rudakov merupakan kiper andalan Dynamo Kyiv saat klub ini masih berkompetisi di Liga Uni Soviet. Bermain dari tahun 1962 hingga 1977, Rudakov mempersembahkan enam Liga Uni Soviet, satu Piala Winners' dan satu Piala Super Eropa untuk Dynamo Kyiv. Ia juga tiga kali terpilih sebagai penjaga gawang terbaik Uni Soviet. Selama 12 tahun bermain untuk Kyiv, Rudakov bermain dalam 297 pertandingan dan hanya kebobolan 205 gol.


10. Volodymyr Muntyan

Volodymyr Muntyan adalah salah satu pemain Dynamo Kyiv sepanjang sejarah, di mana ia menghabiskan seluruh karirnya sebagai pesepakbola profesional bermain untuk klub tersebut. Bersama Oleg Blokhin, Muntyan merupakan satu-satunya pemain yang memenangkan lebih dari tujuh gelar Liga Soviet. Ia juga terpilih sebagai Ukrainian Footballer of the Year tahun 1970 dan masuk nominasi Ballon d'Or tahun 1969. Sepanjang karirnya, Muntyan mencetak 57 gol dalam 302 penampilan untuk Dynamo Kyiv.


9. Oleksandr Zavarov


Tak hanya menghabiskan karirnya di kompetisi domestik, Zavarov juga sempat bergabung bersama Juventus dan Nancy. Ia bermain untuk Kyiv dalam periode 1983-1988, memenangkan dua gelar Liga Soviet dan satu trofi Piala Winners'. Tak hanya itu, ia juga terpilih sebagai pesepakbola Soviet terbaik tahun 1986 dan menjadi top skorer Piala Winners' di tahun yang sama. Zavarov pindah ke Juventus pada tahun 1988 dan di klub tersebut ia berhasil meraih satu trofi Coppa Italia dan satu Piala UEFA.


8. Anatoliy Demyanenko


Demyanenko adalah seorang bek kiri yang bergabung dengan Dynamo Kyiv dari tahun 1979 hingga 1991. Tak hanya tangguh dalam bertahan, Demyanenko juga sangat aktif membantu serangan dari sisi kiri lapangan. Di tahun 2000, Demyanenko dinobatkan sebagai pemain Ukraina terbaik ketiga sepanjang sejarah, di bawah Andriy Shevchenko dan Oleg Blokhin. Setelah pensiun, ia sempat melatih Dynamo Kyiv selama dua tahun, dari 2005 hingga 2007.


7. Oleksiy Mykhaylychenko


Selain Andriy Shevchenko, Oleksiy Mykhaylychenko adalah pemain Ukraina yang paling sukses berkarir di luar negeri. Setelah memenangkan empat gelar Liga Soviet selama bermain untuk Dynamo Kyiv dari tahun 1981 hingga 1990, ia pindah ke luar negeri untuk bermain bersama Sampdoria (1990-1991) dan Glasgow Rangers (1991-1996). Di kedua klub tersebut, Oleksiy Mykhaylychenko memenangkan satu gelar Serie A dan lima gelar Liga Skotlandia. Saat masih berstatus sebagai pemain Dynamo Kyiv, gelandang serang ini dua kali memenangkan penghargaan Ukrainian Footballer of the Year.


6. Vladyslav Vashchuk


Tangguh, kuat, dan konsisten. Selama 13 tahun bermain di Dynamo Kyiv, posisi Vladyslav Vashchuk sebagai seorang bek tengah nomor satu nyaris tidak tergantikan. Di klub tersebut, pemain ini memenangkan sembilan gelar Liga Ukraina dan enam gelar Piala Ukraina. Selain bermain sebagai seorang bek tengah, Vashchuk juga terkadang diposisikan sebagai seorang sweeper. Total, ia mencetak sembilan gol dalam 237 penampilan bersama Dynamo Kyiv.


5. Oleksandr Shovkovskiy


Oleksandr Shovkovskiy layak menyandang predikat sebagai kiper Dynamo Kyiv dan timnas Ukraina terbaik sepanjang masa. Ia juga memegang rekor jumlah penampilan terbanyak pemain Dynamo Kyiv di Liga Eropa. Selain lincah dan cepat, Shovkovskiy juga dikenal sebagai penyelamat tendangan penalti yang tangguh. Sepanjang karirnya, ia rata-rata hanya kebobolan 0,6 gol dalam setiap pertandingan liga, sebuah catatan yang sangat bagus untuk seorang kiper.


4. Igor Belanov


Berposisi sebagai seorang gelandang menyerang, Igor Belanov merupakan salah satu legenda terbesar di persepakbolaan Ukraina. Pemain ini bergabung dengan Dynamo Kiev dari tahun 1985 hingga 1989, mencetak 39 gol dalam 121 pertandingan. Bersama Oleg Blokhin dan Oleksandr Zavarov, Belanov membentuk salah satu kombinasi lini tengah terkuat di Liga Eropa, membantu Dynamo Kyiv memenangkan dua gelar Liga Soviet dan satu trofi Piala Winners'. Prestasi individual terbaik Belanov adalah memenangkan penghargaan European Footballer of the Year tahun 1986.


3. Serhiy Rebrov


Dengan total 113 gol yang dicetaknya selama 11 tahun, Rebrov adalah top skorer kedua sepanjang masa Dynamo Kyiv. Duetnya bersama Andriy Shevchenko di akhir tahun 1990-an membuat Dynamo Kyiv menjadi salah satu klub paling disegani di Liga Champions. Selama karirnya, Rebrov membantu Kyiv meraih sembilan gelar Liga Ukraina dan tujuh trofi Piala Ukraina. Ia juga merupakan top skorer sepanjang masa Liga Ukraina, dengan total catatan 123 gol.


2. Andriy Shevchenko


Shevchenko hingga saat ini layak disebut sebagai pesepakbola Ukraina terpopuler sepanjang masa. Sebelum menjalani periode karir keemasan bersama AC Milan, ia terlebih dahulu bermain untuk Dynamo Kyiv dari tahun 1994 hingga 1999. Setelah 10 tahun bermain di luar Ukraina, Sheva kembali ke Dynamo Kyiv pada tahun 2009 dan mengakhiri karirnya di klub ini di tahun 2012. Sepanjang karirnya, ia dikenal sebagai seorang striker yang tajam, cepat, dan efektif dalam mencetak gol. Shevchenko mempersembahkan lima gelar Liga Ukraina dan tiga gelar Piala Ukraina, total mencetak 136 gol untuk klub ini.


1. Oleg Blokhin


Oleg Blokhin adalah sosok legendaris yang sering disebut sebagai pesepakbola Uni Soviet terbaik sepanjang masa. Dari segi statistik, Oleg Blokhin, ia juga merupakan yang terbaik dalam sejarah Dynamo Kyiv. Dengan catatan 266 gol dan 582 penampilan, Blokhin merupakan pemain dengan jumlah gol dan penampilan terbanyak untuk Dynamo Kyiv. Sepanjang 18 tahun bermain untuk klub ini dari tahun 1969 hingga 1987, Blokhin memenangkan delapan gelar Liga Soviet, dua trofi Piala Winners' dan satu trofi Piala Super Eropa. Tak hanya itu, ia juga memenangkan gelar European Footballer of the Year di tahun 1975 dan mencatat rekor sebagai top skorer sepanjang masa Liga Soviet.