15 Pemain Juventus Terbaik Sepanjang Sejarah

Juventus adalah klub yang menguasai persepakbolaan Italia. La Vecchia Signora dikenal sebagai tim yang mampu paling banyak memenangkan Serie A sepanjang masa. Klub ini bahkan sudah melahirkan puluhan, bahkan ratusan pesepakbola handal yang bersinar di level internasional. Di antara semua pemain Juventus, siapakah yang layak menyandang gelar sebagai yang terbaik sepanjang masa?

Dalam daftar ini, IlmuBola akan menyajikan 15 nama, mulai dari penjaga gawang hingga striker yang layak dinobatkan sebagai legenda Juventus. Beberapa dari mereka mengantar tim ini meraih segudang prestasi dan memiliki rekor individual yang mengesankan.


15. David Trezeguet


David Trezeguet adalah seorang target man mematikan asal Perancis yang menjadi andalan Juventus selama sepuluh tahun, sejak tahun 2000 hingga 2010. Dari 300 penampilan, Trezeguet total mampu melesakkan 171 gol. Catatan ini membuat Trezegol memegang rekor sebagai pemain asing paling subur di Juventus. Prestasi yang paling membanggakan ia catat di musim 2000-2001 di mana Trezeguet mampu membawa timnya menjadi juara Serie A sekaligus menjadi Top Skorer dan pemain terbaik Serie A.


14. Gianluigi Buffon


Hingga saat ini, Buffon adalah pemain keenam Juventus yang memiliki penampilan terbanyak untuk klub ini sepanjang masa. Peringkatnya masih sangat mungkin terus naik, karena Buffon masih aktif bermain sebagai penjaga gawang La Vecchia Signora. Sejak bergabung bersama Juventus di tahun  2001, Gigi sudah membawa klubnya memenangkan empat gelar Serie A. Di sepanjang karirnya, ia juga sudah delapan kali memenangi gelar sebagai Penjaga Gawang Terbaik Serie A.


13. Antonio Conte


Antonio Conte adalah sosok yang sangat loyal terhadap Juventus. Setelah 13 tahun bermain untuk Juventus, ia pun ditunjuk sebagai pelatih klub ini. Gaya bermain Conte sangat berbeda dengan kebanyakan pemain Juventus dalam daftar ini. Ia adalah sosok gelandang pekerja keras yang tidak segan-segan bermain kasar untuk mengamankan pertahanan timnya. Sosoknya yang karismatik membuat Conte sempat ditunjuk sebagai kapten semasa Alessandro Del Piero mengalami cedera.


12. Pavel Nedved


Juventus sangat beruntung memiliki pemain seperti Nedved. Pemain asal Republik Cek ini ditransfer dari Lazio pada tahun 2001, dan sosoknya memegang peranan vital dalam dominasi Si Nyonya Besar di persepakbolaan Italia. Nedved adalah sosok gelandang serba bisa. Ia bisa dimainkan sebagai sayap, dipasang di belakang striker, atau ditempatkan sebagai gelandang bertahan. Ia juga cukup sering mencetak gol dengan tendangan geledek yang menjadi ciri khasnya.


11. John Charles


Tak banyak pemain dari Britania Raya yang mampu sukses di Liga Italia. John Charles adalah salah satu contoh dari sedikit pemain tersebut. walaupun hanya 5 musim bermain di Juventus, striker yang juga bisa dimainkan sebagai winger ini memiliki peran yang sangat sentral. Ia sangat cepat, kuat, dan produktif dalam mencetak gol. Sepanjang karirnya, John Charles menyumbangkan 109 gol dari 186 penampilan serta tiga gelar Serie A.


10. Antonio Cabrini


Bermain selama 13 musim untuk Juventus, Scirea sering disebut sebagai bek terbaik Italia sepanjang masa. Bek sayap yang satu ini tak hanya tangguh dalam bertahan, namun juga sangat sering membantu penyerangan dengan umpan-umpan crossing-nya yang mematikan. Tak hanya di Juventus, Cabrini juga menjadi andalan tim nasional Italia. Setelah pensiun, Cabrini melatih banyak tim, dan saat ini ia menjadi arsitek tim nasional sepakbola wanita Italia.



9. Giampiero Boniperti


Saat ini, Boniperti memegang rekor sebagai pencetak gol terbanyak ketiga Juventus sepanjang masa. Striker Italia yang bermain untuk La Vecchia Signora dalam kurun 1946 hingga 1961 ini juga tercatat sebagai striker Serie A ke-11 tersubur sepanjang masa. Boniperti menghabiskan seluruh karirnya sebagai pesepakbola profesional bersama Juventus dan mempersembahkan 5 gelar Liga Italia dan 2 gelar Coppa Italia. Di tim nasional, Boniperti bermain sebanyak 38 kali, 24 kali di antaranya sebagai kapten.


8. Ciro Ferrara


Ciro Ferrara adalah tembok pertahanan tangguh yang menjadi andalan Juventus selama sebelas tahun. Di level tim nasional, pemain ini juga dikenal ketangguhannya, sering disandingkan dengan defender tangguh lainnya seperti Maldini, Nesta, dan Cannavaro. Karir Ferrara bersama Juventus juga bergelimang trofi, antara lain adalah lima gelar Serie A, satu gelar Liga Champions, satu Piala Super Eropa, dan empat Piala Super Italia.


7. Roberto Baggio


Baggio adalah seorang pemain yang sangat kreatif, biasa diposisikan sebagai gelandang menyerang atau second striker. Direkrut dari Fiorentina dengan nilai transfer yang cukup besar pada tahun 1990, Baggio dengan cepat menjadi bintang di Juventus. Pemain dengan rambut kuncir kuda ini mempersembahkan gelar Liga Italia, Piala UEFA, dan Coppa Italia untuk timnya. Ia juga dinobatkan sebagai pemain terbaik dunia pada tahun 1993 sebelum ditransfer ke AC Milan pada tahun 1995.


6. Zinedine Zidane


Kami tidak menempatkan Zidane di peringkat yang lebih tinggi karena banyak orang yang menilai karirnya lebih sukses di Real Madrid daripada di Juventus. Walaupun begitu, gelandang Perancis ini tetap memiliki peranan yang luar biasa penting di La Vecchia Signora. Ia menjadi figur yang tidak tergantikan di Juventus sepanjang akhir tahun 90-an hingga awal tahun 2000-an, sebelum akhirnya ditransfer ke Real Madrid. Total, Zidane bermain untuk Juventus sebanyak 212 kali dan menyumbangkan 31 gol.


5. Gaetano Scirea


Scirea adalah seorang sweeper yang menghabiskan 14 tahun karirnya sebagai pesepakbola profesional sebagai salah satu tulang punggung lini belakang Juventus. Scirea adalah salah satu pemain belakang terbaik yang mampu menerapkan gaya catenaccio, sebuah gaya sepakbola super defensif ala Italia. Selama karirnya di Juventus, Scirea mampu membawa klubnya memenangkan 7 gelar Liga Italia. Bersama tim nasional Italia, ia juga mampu keluar sebagai juara dunia tahun 1982.



4. Omar Sivori


Bersama John Charles dan Giampiero Boniperti, Sivori dikenal sebagai salah satu trisula maut Juventus di periode tahun 1950 hingga 1960an. Pemain yang pernah bermain untuk dua tim nasional yang berbeda (Argentina dan Italia) ini juga memiliki rasio gol yang sangat tinggi dibandingkan penyerang Juventus lainnya. Dalam 259 penampilan, ia mampu melesakkan 174 gol. Catatan ini makin gemilang dengan prestasinya yang mampu mengantarkan Juventus menjadi tiga kali juara Italia dan dua kali juara Coppa Italia.


3. Dino Zoff


Tak hanya di Juventus, Dino Zoff hingga saat ini masih dianggap sebagai penjaga gawang paling legendaris di Italia. Selama 11 tahun bermain di La Vecchia Signora, Dino Zoff tampil sebanyak 479 kali. Ia juga sosok sentral yang mampu membawa Juventus menjadi juara Serie A sebanyak 6 kali serta membawa tim nasional Italia menjadi juara Piala Dunia 1982 dan Piala Eropa 1968. Setelah pensiun, Zoff cukup aktif menjadi pelatih untuk berbagai klub di Liga Italia.


2. Michel Platini

Platini yang saat ini menjabat sebagai Presiden UEFA adalah salah satu pemain terbaik sepanjang masa yang pernah dimiliki oleh Juventus. Gelandang menyerang ini menjadi sosok yang sangat dominan dalam tim selama periode 1982 hingga 1987. Ketika memperkuat Juventus, Platini mampu meraih tiga gelar Ballon d'Or dan tiga gelar top skorer Liga Italia. Walaupun hanya bermain selama lima musim, Platini telah banyak menyumbangkan gol-gol dan assist legendaris untuk Juventus.


1. Alessandro Del Piero


Tak ada nama lain yang pantas menyandang gelar sebagai pemain terbaik Juventus sepanjang masa selain Alessandro Del Piero. Hingga saat ini, penyerang bertubuh pendek ini memegang rekor baik dalam jumlah penampilan maupun jumlah gol di Juventus. Selama sembilan belas musim berkarir di Juventus, Del Piero mencetak 289 gol dari 785 penampilan. Ia juga selama sebelas tahun dipercaya untuk menjadi kapten tim ini. Sebelum pindah ke Sydney FC, Alex sudah membantu timnya memenangkan 8 gelar Serie A, satu gelar Liga Champions, dan masih banyak gelar bergengsi lainnya.