15 Pesepakbola Meksiko Terbaik Sepanjang Masa

Hingga saat ini, Meksiko dianggap sebagai salah satu negara sepakbola terkuat di zona Amerika Utara. Negara ini mengalami sejarah panjang di berbagai turnamen internasional dan secara rutin berkompetisi di Piala Dunia. Prestasi tertinggi timnas Meksiko antara lain adalah dua kali masuk babak perempatfinal Piala Dunia, tiga kali menjadi runner-up Copa America, dan satu kali menjuarai Piala Konfederasi di tahun 1999.

Dalam artikel ini, IlmuBola akan membahas 15 pesepakbola terbaik Meksiko dari masa ke masa. Daftar ini terdiri dari para pesepakbola yang bermain di berbagai posisi serta memiliki skill individu yang baik dan prestasi di level klub dan tim nasional yang membanggakan.


15. Andrés Guardado


Andres Guardado adalah pemain yang dijuluki sebagai "Little prince" yang memulai debutnya di Liga Eropa pada tahun 2007. Pada saat itu, Guardado dibeli dari Deportivo La Coruna. Ia berposisi sebagai bek sayap, namun bisa juga dimainkan sebagai winger karena memiliki naluri menyerang yang bagus. Bersama Deportivo, Guardado sudah memenangkan satu gelar Segunda Division dan satu Piala Intertoto. Ia juga dinobatkan sebagai Segunda Division Best Midfielder musim 2011-12.


14. Gerardo Torrado


Gerardo Torrado merupakan seorang gelandang bertahan yang menjadi salah satu pemain andalan klub Cruz Azul. Ia bergabung dengan klub ini pada tahun 2005 setelah sebelumnya berkarir di Eropa bersama Sevilla dan Racing Santander. Satu tahun bermain untuk Cruz Azul, Torrado dipercaya untuk menjadi kapten tim di tahun 2006. Ia empat kali terpilih sebagai gelandang terbaik Liga Meksiko. Torrado secara rutin mewakili negaranya di turnamen internasional dan memenangkan satu trofi Piala Konfederasi dan tiga CONCACAF Gold Cup.


13. Carlos Hermosillo

Carlos Hermosillo adalah salah satu striker terbaik Meksiko yang berkarir dalam periode 1983-2001. Karena postur tubuhnya yang tinggi, ia dijuluki sebagai "Raksasa dari Cerro Azul." Selain berkarir di Liga Mexico, Hermosillo juga sempat bergabung bersama klub Liga Belgia, Standard Liege. Ia juga sempat bergabung bersama Los Angeles Galaxy pada musim 1998-99. Total, Hermosilo mencetak 35 gol dalam 90 penampilan bersama timnas Meksiko.


12. Carlos Salcido


Tak banyak pemain Meksiko yang sukses berkarir di Eropa, dan Salcido adalah satu dari sedikit pemain tersebut. Ia menjadi pesepakbola Meksiko pertama yang menjuarai Eredivisie. Prestasi itu dibuatnya pada musim 2006-07 dan ia kembali meraih gelar yang sama di musim berikutnya. Sepanjang karirnya, Salcido dikenal sebagai seorang bek kiri tangguh yang juga bisa bermain sebagai gelandang tengah. Ia berperan penting dalam membantu Meksiko memenangkan medali emas Olimpiade 2012.


11. Pável Pardo


Dengan catatan 148 caps, Pavel Pardo adalah pemain Meksiko dengan jumlah penampilan kedua terbanyak sepanjang sejarah. Ia tampil dalam Piala Dunia 1998 dan 2006 serta membantu negaranya menjuarai Piala Konfederasi 1999. Di level klub, prestasi Pavel Pardo juga cukup gemilang. Ia menjuarai Bundesliga musim 2006-07 bersama Stuttgart. Sepanjang karirnya, Pardo dikenal sebagai gelandang bertahan berstamina tinggi dan kerap mencetak gol-gol penting.


10. Horacio Casarín

Horacio Casarin adalah striker legendaris Meksiko yang bermain dalam periode 1937-1956. Rasio gol dan penampilannya sangat bagus, di mana ia mencetak 15 gol dalam 16 penampilan bersama timnas Meksiko. Tak hanya di level timnas, karirnya di level klub juga cukup sukses. Sepanjang karirnya, ia mencetak lebih dari 200 gol di Liga Meksiko dan sempat membintangi sebuah film bertema sepakbola di tahun 1947. Film tersebut menjadi box-office di negaranya dan sejak saat itulah namanya dianggap sebagai salah satu legenda sepakbola Meksiko.


9. Javier Hernández


Popularitas Javier Hernandez meningkat drastis sejak ia bergabung bersama Manchester United di tahun 2010. Memang, di klub tersebut Chicarito masih sering tampil sebagai pemain cadangan. Namun ketika ia diberi kesempatan bermain, ia kerap mencetak gol-gol penting yang membantu klubnya memenangkan pertandingan atau menyelamatkannya dari kekalahan. Wajar jika kemudian Javier Hernandez dianggap sebagai salah satu super-sub terbaik di dunia.


8. Antonio Carbajal

Antonio Carbajal adalah penjaga gawang Meksiko yang bermain dalam periode 1950-1966. Ia mewakili negaranya tampil dalam lima turnamen Piala Dunia, sebuah prestasi yang hanya bisa dicatat oleh beberapa pesepakbola. Sepanjang karirnya, Carbajal dikenal sebagai seorang kiper yang sangat jarang memakai kaus tangan. Ketangguhannya membuat posisinya sebagai penjaga gawang nomor satu timnas Meksiko sama sekali tidak tergantikan dalam periode 16 tahun.


7. Claudio Suárez


Claudio Suarez adalah pemegang rekor jumlah penampilan terbanyak untuk timnas Meksiko. Ia mencatat 178 caps selama bermain dalam periode 1992-2006. Bermain sebagai seorang defender, Suarez dijuluki sebagai "Sang Kaisar" karena  karisma dan kepemimpinannya yang sangat bagus. Ia memimpin timnas Meksiko menjuarai tiga Piala CONCACAF Gold dan satu Piala Konfederasi. Di level klub, Suarez memenangkan dua gelar Liga Meksiko bersama Pumas UNAM dan Chivas Guadalajara.


6. Jared Borgetti


Jared Borgetti dikenal sebagai seorang target-man dengan kemampuan heading dan finishing yang sangat bagus. Ia menjadi andalan timnas Meksiko di tahun 2000an, total mencetak 46 gol dari dari 89 penampilan untuk negaranya. Jumlah gol ini menjadikan Borgetti sebagai pencetak gol terbanyak timnas Meksiko sepanjang masa. Ia dua kali terpilih sebagai Mexican League Footballer of the Year dan sempat berkarir di Premier League bersama Bolton Wanderers di musim 2005-06.


5. Luis Hernández

Hernandez adalah striker andalan Meksiko di Piala Dunia 1998. Dalam turnamen tersebut, ia berduet dengan Cuauhtemoc Blanco dan berhasil mencetak empat gol. Prestasi itu membuat Hernandez menjadi pemain Meksiko pertama yang mampu mencetak lebih dari dua gol dalam sebuah turnamen Piala Dunia. Sepanjang karirnya, Hernandez dikenal sebagai pemain yang cepat, cerdas, dan memiliki teknik yang bagus. Total, ia mencetak 35 gol dalam 85 pertandingan bersama timnas Meksiko.


4. Jorge Campos

Jorge Campos adalah salah satu penjaga gawang paling eksentrik dalam sejarah sepakbola. Ia selalu mengenakan kostum berwarna cerah dan tak jarang ikut maju membantu serangan tim, bahkan mencetak gol. Wajar, sebelum menjadi penjaga gawang, Campos adalah seorang striker. Terkadang, dalam sebuah pertandingan, Campos bisa berganti posisi dari seorang penjaga gawang menjadi seorang striker, dan sebaliknya. Walaupun bertubuh pendek, Campos memiliki lompatan tinggi dan kerap melakukan penyelamatan akrobatik yang memukau.


3. Cuauhtémoc Blanco


Cuauhtemoc Blanco adalah striker bertipe target man terbaik yang pernah bermain untuk timnas Meksiko. Ia sangat efektif dalam menyelesaikan peluang dan memiliki tendangan yang sangat kuat. Blanco mewakili negaranya dalam berbagai turnamen internasional, serta menjadi top skorer sepanjang masa turnamen Piala Konfederasi (rekor yang dipegang bersama Ronaldinho). Tak hanya itu, Blanco juga bisa bermain sebagai seorang gelandang menyerang.


2. Rafael Marquez


Tak ada pesepakbola Meksiko yang bisa menandingi kesuksesan Rafael Marquez di level klub. Defender ini menjalani periode karir keemasan saat bergabung bersama Barcelona di tahun 2003. Ia dibeli dari AS Monaco setelah sebelumnya berperan penting membantu klub tersebut menjuarai Ligue 1. Di Barcelona, Marquez memenangkan empat gelar La Liga, dua trofi Liga Champions, satu European Super Cup, dan satu FIFA Club World Cup. Duetnya bersama Carles Puyol di jantung pertahanan Barcelona sempat dianggap sebagai duet defender terbaik di dunia.


1.  Hugo Sánchez


Hugo Sanchez dianggap sebagai salah satu striker Real Madrid terbaik sepanjang masa. Ia bermain untuk Madrid dalam periode 1985-1992, memenangkan tiga gelar La Liga, satu trofi Piala UEFA, dan lima kali menjadi top skorer La Liga. Ia dikenal sebagai striker yang memiliki kecepatan, kemampuan dribbling, dan finishing yang sangat baik. Ia juga membantu timnas Meksiko mencapai babak perempat final di turnamen Piala Dunia 1986. Melihat berbagai prestasinya, wajar jika kemudian Hugo Sanchez menerima penghargaan sebagai olahragawan Meksiko terbaik di abad ke-20.